Monday, June 16, 2014

School Hunting!

i cant believe that finally i reached this phase! LoL....
cukup frustasi ya ceu, untuk nyari skul anak ini...*lap kringet sambil genggem kalkulator*

selama ini pippo masih skul di KR, 2x seminggu...dan sudah hampir setahun skul disana sih gue satisfied sama perkembangan pippo, terlebih dia banyak stimulasi untuk vestibular.
kekurangan di KR hanya satu: dia nggak ada laporan berkala seperti sekolah formal lainnya, jadi disini tuh semacam informal school aja gitu...
seandainya si KR ini formal school, udah pasti deh kita sekolahin dia disini sampe gede, hihihi.... wong bapaknya aja bilang sampe pippo masuk PG si KR ini dilanjut aja seminggu sekali, duileee...kayak banyak duit aja lu Pah....tunggu aja sampe nggesek bayar uang pangkal PG...lgsg mingkem pasti!

Akhirnya, kita memang sudah harus survey sekolah kiri kanan untuk ngelanjutin sekolahnya pippo.

Pertama-tama, gue sama eric discuss serius bingit tentang ekspektasi kita masing2 terhadap perkembangan pippo, asli deh...seumur2 sejak pacaran ama eric sampe sekarang, baru kali ini kita bener2 serius dan galau segalau2 nya menghadapi satu biji persoalan begini..hahahaha, klo kata gue ini mah tergalau 2014!!! hahaha... saben curhat, wasap-an, bbm-an sama ibu2 kavling rumah atau ibu2 temen skulnya pippo pasti yang dibahas kepusingan nyari skul qiqiqi... hot thread banget pokok'e..

Jadi, dari diskusi gw sm eric kita bahas:
1. apakah perlu si pippo bersekolah di sekolah yang juga mengajarkan agama sesuai keyakinan kita?
    Eric: No || Gue: Yaaa...perlu2 enggak lah..
2. apakah pippo harus berseklolah di sekolah yang bertaraf IB,Cambridge/Internasional, National plus?
    Eric: cukup perlu || Gue: Berapa duit dulu nih masuknya, trus klo sekolahnya kemahalan nanti kehidupan sosialnya begimana? jgn sampe anak gue jadi underdog gara2 emaknya nanti gak kasih hape atau nggak ngerayain ultah bak respsi kawinan kayak temen2nya nanti
3. apakah pippo harus bersekolah di sekolah yang bahasa pengantarnya bahasa inggris?
    Eric: HARUS! || Gue: klo bisa sih, ada bhs ingg, ada bhs indo juga...kan bhs ingg bisa les
4. apakah pippo sekolahnya harus deket rumah?
    Eric: Yg penting gak macet, kasian mama nya nyetir ato klo naik taxi, nanti malah gede di ongkos taxi || Gue: Ada mol deket skul ga? ato restoran oke gitu deket skul? (emaknya mulai salah fokus)
5. metode pengajaran di sekolahnya mesti sesuai prinsip ortu?
    Eric: YES! pokoknya ngga type ngafal doang || Gue: yg penting nggak konvensional amat

Ngeri ya bapaknya? Horor...dia lupa kali klo di jaksel susah bener cari sekolah... banyak sih sekolahan tapi tuh timpang benerrrr, antara elo mau sekolahin di sekolah biasa atau langsung sekolah internasional...jarang banget, dan hampir gak ada deh yang nat.plus. Nah, masalahnya, yang internasional ini harganya kaga main2 banget, bikin sesek napas dan pingsan seketika pas liat harganya :(

sempet bingung, mesti dari mana dan bagaimana ya utk survey, trial, ngedapetin harga uang pangkal (UP), uang sekolah dr sekolah2 itu...browsing udah, baca2 review di blog atau milist udah...tapi banyakan harga nya gak update...bahagia banget deh anak gue satu sekolah ama madeline, dimana emaknya bener2 sumber informasi paling ter apdet dan terlengkap! *peluk angel* hahaha...pokoknya itu wasap isinya bahas sekolahan mulu..qiqiqi

akhirnya kita coba list satu persatu sekolahan yang mungkin masuk kritera kita either yang pengantarnya bhs indo atau bhs ingg
1. Pangudi Luhur
    UP PG 9jt
    Dana pengembangan:1.5jt
    komite/tahun: 175.000
    uang sekolah/bln : 395.000
    uang kegiatan bulanan: 110.000
2. Sekolah kembang
    UP PG 4jt
    uang bulanan 2x seminggu: 300.000
    uang bulanan 3x seminggu: 450.000
3. TKAI
    UP : 5.350.000
    Uang kaos: 120.000
    SPP Bulanan 425.000
4. Mentari
    UP: 14.000.000
    tuition for toddler: range nya mulai 5.100.000 s/d 8.100.000 tergantung ambil berapa kali seminggu,
    uang sekolah dihitung per term (1 term: 3 bulan)
5. Bright School (montessori)
    UP: 10.000.000 (for 2yrs program)
    registration fee : 300.000
    tuition for toddler : mulai dr 480.000 s./d 1.458.333 per bulan tergantung ambil brp kali seminggu
6. Bintang Montessori
    UP: 9.000.000
    tuition untuk toddler nya mulai dari 5.500.000 s/d 5.900.000 tergantung ambil brp kali seminggu
7. High Scope
    UP: 20.000.000
    tuition untuk toddlernya mulai dr 3.950.000 s/d 4.250.000

*note: harga sesuai brosur yg kita terima di juni 2014

dan dari tujuh sekolah tadi, semua udah kita datengin dan kita trial di 3 dari 7 sekolah tsb..
dari pengalaman kita, trial itu penting banget! selain utk ngeliat interest nya si anak di skul itu, tetapi juga utk liat performance sekolahnya.

pippo ini anaknya selalu asik aja dimanapun dia berada, yg penting banyak anak2nya dan banyak suara (mksdnya ngga sepi dan tegang)...jadi tiap trial keliatannya dia mah asik2 aja.. biasanya dia cm butuh gue 30min di awal, kynya dia mau gue ada selama dia ngecek dulu lingkungannya :)) wkwk...tapi nggak pernah pake adegan nangis2, nemplok gak lepas2..mgkin dia jg udah eneg kali liat emaknya mulu jd, giliran bs free from mom dia girang bukan maen :))

sampe pernah disalah satu trial dia nggak mau pulang, dan kelojotan pas gw gendong keluar sekolah dan drama teriak2 "kenapa sekolahnya ditinggalin, mamaaaaa!!??"...yelaaah, bikin emaknya malu aja, udah kalimat nya kaga pas, kayak pelem drama india pula gayanya wkwkw :))

Nah, yg penting di trial ini... gw klo bisa nongkrong full session jg gw sebenernya mau, krn penting banget utk gw tau dikelas gurunya kae gimana, pernah gw mood dropped di 10min pertama trial, jadi ceritanya sekolah yg kita coba ini masuknya cukup pagi, jam 8.30, menurut gw sih wajar ya anak2 kicik macem pippo gini masih pada ngantuk jam segitu, lalu ada anak yg nguap2 dan merem2 pas dikelas, anggep aja nama si anak itu Bima... lalu si guru tiba2 nyanyi gini "ambil pistol, tembak bima, Dor..Dor..Dor!"....lalu gw pun lgsg freeze, dan ingin rasanya gotong pippo saat itu jg utk pulang.

Ada juga waktu trial, hampir setengah jalan gua udah girang, all seems well and smooth, lalu tiba2 giliran crafting, anak2 seumur 2th-nan dikasih gunting dewasa yang ujungnya dikasih lakban (spy gak tajem)...ya ampyun, klo ngeliat dr biaya stationery per tahun nya yg dikenakan ke ortu, mestinya bisa beli gunting anak2 yang byk di toko buku dan hrg nya gak mahal..apalagi bs dipake berapa kali angkatan...bukannya gmn, tapi kan tetep bahaya krn ujungnya tetep runcing, klo yg khusus anak2 kan emg bunder gt depannya :|
lalu, yg bikin gw agak snewen..dikelas itu semua anak kan cm pake kaos kaki, pas pulang gw mau pakein sepatu ke pippo kok kaos kakinya kotor banget...aduuhh, repot ya punya parents ky gue *lgsg di black list sama semua calon sekolahaan nih* wkwkwkw...

selain drpd fasilitas dan performance guru serta keadaan real dikelas, gw pun consider ttg komposisi guru dan murid, gw liat klo 1 guru pegang kebanyakan tuh bener2 semrawut dan gak ke monitor anaknya lari kemana, pegang apa..bahkan disatu kejadian gw liat ada anak jatuh dr tangga dan guru nya ngga tau, untung jatuhnya gak glodak, cuma kepeleset 1 anak tangga.. pas gw liat gurunya dimana, tnyt lagi sibuk jagain tiga anak yg lg main trampolin :(

metode pengajaran jg perlu gue liat, salah satu sekolah yg gw cek kan jg modelnya montessori, mana gw masih blom paham bener metode tsb, jadi mesti baca2 review dan dig info lagi ttg montes.

Aduhhh..udah deket waktunya enroll nih, sedangkan belom bulet mau masuk dimana...toloooong! *stress memandangi brosur dan price list*

12 comments:

  1. selalu pusing emang tentang sekolah ya. moga2 segera dapet yang paling pas ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, kynya jadi masalah nya semua ortu ya :))

      Delete
  2. wkwkwk jadi inget dulu gw hunting sekolah PG utk dhika.
    itupun setelah ditanya temen kantor udah cari sekolah belum utk dhika.
    dan gw baru ngeh udah mau mulai tahun ajaran baru. baru deh gw mulai cari.
    kalo di sekitar rumah gw di cilincing sih pilihan terbatas banget bon.

    poin yg penting cm : dekat rumah jadi ga kena macet (anak ga stress karena macet) dan biaya terjangkau sm kantong emak bapaknya.

    jadi pippo masuk ke sekolah yg mana bon? yg ga mau ditinggalin itu? yg pake adegan film india? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, bener bgt tuh..jarak skul penting! mengingat kita tinggal di kota macet, jarak yg sebenernya deket aja bs berjam2 :D
      kaga mbaaa...nggak di skul yg kelojotan itu, wkwkwk...soalnya di skul yg itu yg kejadian "Dor,dor,dor" :|

      Delete
  3. Ngakak gue baca yang dor dor itu,, huahuaa....

    Tapi bener ya, u sama ama gue, ribet banget cari sekolah. Kita idealis banget. Mao yang bagus, mao yang metodenya up to date, fasilitas bagus, guru bagus, tapi harga ga nyekek.. Sampai sekarang pun gue stress cari sekolah. Mana ada kemungkinan mao pindah Jakarta.. Oh tidaakkkk...

    Keknya emak2 laen gampang bener milih sekolah. Cap cip cup selesai.. ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener shin...pengennya sih juga gak ribet2 sendiri, tp gmn ya, gatel aja gitu klo gak sesuai yg dipengen :P
      Ah, lo mau ke jkt? yuk dong...malah bisa hunt bareng..hihihi

      Delete
  4. anak g baru 4 bulan, dan g udah pusink mikirin sekolahnya Zio wakakaka... siapa yang anter jemput nti-nya dll agagagagag ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener pit..klo working mom pasti peningnya ttg sapa yg anter jemput...sabar ya pit, pasti nti ada way out nya :D

      Delete
  5. Gue baru baca blog lo lagi nih. Boook! reaksinya laki lo ekstreem banget ya hahaha... Singkat, padat, dan kayaknya nggak ada room for negotiation. Laki-laki emang gitu kali ya, langsung straight to the point. Kita aja nih para perempuan yang banyak maunya, dan overthinking everything.

    ReplyDelete
  6. kunjungan perdana, salam perkenalan ya ^_^

    ReplyDelete
  7. Wah gw baru liat blog lu, Bon. Informatif banget. Pusing bgt ya cari sekolah. Nyokap gw udah nyaranin gw buat sekolahin di deket rumah utinya, yg tinggal ngesot (literally, soalnya sebelah rumah). Tp gw ogah. :D Giliran gw hunting makin dekat nihhhh...takuuuttt *lho*

    ReplyDelete
  8. Mbak yang dor dor dor binmon jalan benda bukan? Aku agak kecewa sama mereka

    ReplyDelete