Wednesday, June 11, 2014

Ketemu Psikolog

Sejujurnya... saking bersemangatnya mau nge post ini dan itu gw kebingungan sendiri mau cerita apaan dulu... tapi gw seperate aja certianya satu2 ..

Sebelum kita pindah ke rumah baru, kita kan sempet tuh numpang dirumah nyokap cukup lama... disana rumah selalu ramai, total penduduk nya serumah ada 10 incl 3 PRT.. se sepi2 nya pasti ada 6 orang dari pagi sampe sore (gue, nyokap, Pippo dan 3 PRT) jadi rumah tuh pasti ada suara orang, suara ribut2 masak di dapur. Buat pippo, suara2 ini tuh udah jadi suara yang bersahabat dikupingnya, saben dia buka kamar pasti ada orang yg ngelewatin dia, saben dia main di halaman rumah, paling engga ada PRT lg nyapu2, so he always feel "ditemenin".

Untuk urusan main, sebenernya pippo bisa kok main sendiri, kadang dia suka asyik di sofa main2 mobil2an nya atau asik sendiri main blocks.

Saat kita harus pindah, pippo tuh nggak paham. walaupun beberapa minggu sebelum pindahan dia udah sering gue ceritain tentang rencana kepindahan kita, bahkan sejak itu rumah dibikin pondasi, paling enggak 2-3x seminggu dia ikut liat2 kesana, sampe dia aja bisa bilang "rumah pippo belum jadi"... tapi namapun anak kecik ya, waktu itu dia masih blum genap 2th.. ternyata kepindahan kita cukup menjadi "sesuatu" buat dia.

dari yang rumah ramai riuh, tiba2 "blep"!.... soundless.
dari yang banyak orang seliweran, tiba2.....................................(kosong)
dari yang selalu disapa orang at almost any time, tiba2...berasa dicuekin karena bapaknya sibuk ngurus bangunan, emaknya sibuk unwrap barang2 di kerdus, bebersih dll.

ternyata impact nya cukup WOW buat gue and eric.
tiba2 aja, pippo yang waktu itu cheerful dan penyayang mendadak jadi suka mukul. nggak mukul temen tapi mukul emak bapaknya.
trus dari yang bisa main sendiri mendadak kudu wajib kita duduk samping dia nemenin ikut main, klo enggak dia akan tantrum or, kita di pukul.
dari yang tadinya penurut, dan paham jadwal harian nya mendadak brutal, ngga mau samsek ikut apa kata kita dan semaunya sendiri.

buat gue dan eric yang lagi stress dengan keadaan rumah yg masih amburadul, berdebu dan mendadak PRT minta pulang, ini tuh bener2 bombastis!
mendadak gw depresi dirumah, ngurus rumah, ngurus anak dan anaknya tiba2 kayak menjadi anak yang tingkahnya ngga bs gue mengerti sama sekali. Depressing banget!

so i guess, ini gak bisa dibiarin terus menerus... di twitter gw emg follow bbrp psi. anak dan parenting tweets gitu.. kebetulan, Psi. Anna Surtiariani ini dulu satu gereja ama gw (dirumah mama)..dulu kita pernah satu koor muda mudi gitu.
sempet pikir2 mau ke psi. anak yang mana...tapi akhirnya gw decide utk ke Psi. Anna karena rasanya lebih nyaman utk ngobrol ama org yg udah kita kenal kali ya.

And we make an appointment...agak susah loh, antri nyaaa..qiqiqihebat lah.

Hari yang di nanti akhirnya datang. dilalah...pas hari itu pippo lagi anget badannya, jadi waktu di kliniknya psi. Anna, dia uring2an, nangis, ngga mau masuk ruangan, boro2 diajak ngomong deh...
trus jadinya kita ngobrol terpisah, gue cerita dulu sama Mba Nina (panggilan gw ke dia dulu mba nina..) lalu pippo dibawa sm eric jalan2 diluar.
mulai lah cerita panjang lebar etc etc tentang kepindahan kita, rumah yang setengah jadi, dan perubahan drastis dari si pippo.

kesimpulannya beginiuntuk anak, there is never ending adjustment... dirumah ada lemaribaru aja dia ada adjustment, dirumah ada ikan baru aja dia adjustment. jadi sampe rumah kita nanti full jadi, dia akan adjust terus.
adjustment itu bisa di maintain, kalau kasus gue..yang pindah rumah baru, menurut mba nina , tiap hari gw disuruh spend 15-30 menit untuk ajak dia keliling lingkungan rumah, sambil jalan ajakin dia cerita klo ini rumah si A, ini ditikungan ada pohon besar, sebelah sini ada belokan, dibelokan ada bunga... dll, intinya: mengenalkan dia dengan lingkungan baru nya. begitu terus sampai dia merasa nyaman.
lalu, untuk main yang mesti ditemenin...gegara gue sekarang gak ada maid or nanny, jadi pippo di libatin dengan kegiatan gue, semisal gw lagi nyuci sayur, dia gw kasih beberapa sayur buat dia potong2 atau dia bisa duduk di stool liat proses gw masak, mulai dari nyuci sayur sampe masak (asal aman dan jaga jarak sama kompor), dengan maksud, next time dia ngajak gw main dan gw lg masak, trus gw bilang "mama lg masak dek, nanti dl ya"....lalu dia akan inget proses masak itu ngga cepet, jadi dia bisa kasih tolerant time lah..
tentang memukul: tiap kali dia mau pukul, gue harus step back, menjauhkan diri dan harus bilang "mama ngga mau ya dipukul, itu gak baik, yang boleh dipukul itu cuma bola/bantal"... dan kata mba nina muka gw harus bener2 nunjukkin muka serius...seandainya masih berusaha mukul jg, kita pegang kedua tangannya dan mengatakan hal yg sama : "mama ngga mau ya dipukul, itu gak baik, yang boleh dipukul itu cuma bola/bantal"

Puji Tuhan, sebulan passsss treatment yg di suggest sama mba nina diterapin then i get my lovely pippo back! dan sampe sekarang ngga ada lagi mukul & minta perhatian yang berlebih kayak dulu... lesson learn -nya adalah: konsistensi! konsistensi ibu-ibuuuu....cos, ketika kita konsisten disitulah anak mengerti mana yang boleh dilakukan dan mana yg tidak boleh dilakukan...

Psikolog Anna Surti Ariani
Klinik Terpadu UI 021-788811500
PacHealth 021-29923232

8 comments:

  1. Wah bon ternyata pindah rumah bukan cuma stresa buat kita ya tp juga buat anak, tp kita kan udah ngerti kalo anak yg msh kecil dia gak ngerti jdnya suka ngamuk2 ya..

    Untung pippo udah kembali spt dulu
    Congrats ya bon, rumah baru, nanti kalo udah senggang boleh dipoto rumahnya maklum sini kepo wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw,.blom kelar full mba viol...tapi yang pasti, kursi taman kita pan samaan, ace punya...hahahaha...apa jgn2 mba viol udah ganti ya? qiqiqi...kelamaan jadinya nih rumahkuuu huhuhu

      Delete
  2. iya emang anak juga perlu adaptasi. gua juga inget pas kita baru pindah kemari. dari yang tadinya tiap hari kan selalu ada pembantu yang nemenin main, ada yang dateng ke rumah (oma opa, tante om nya), tiba2 gak ada siapa2. si andrew waktu itu umur 2 th. jadi nempel banget ama esther. takes time baru akhirnya bisa lebih mandiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, kesian sih sebenernya liatnya...cos anak2 kan blom bisa paham proses secara penuh...emg butuh waktu banget dan kesabaran kita spy mereka bisa adjust dan merasa aman ya...

      Delete
  3. walah baru tau ternyata pindah rumah dengan suasana berbeda saja bisa ngaruh ke psikologi anak yah?

    thanks utk sharenya bon..:)

    foto2 rumah barunya mana bon?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ember mba, who knows ya efek nya bisa begitu *pening*
      haaa...rumahnya blom kelar bener mba...qiqiqi malu! nti klo udah rapih aku foto yahh :)

      Delete
  4. wah noted.. ini ngebantu banget buat gue ke jojo.. thanks buat sharenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Shin... yang sabar & konsisten yaaa..

      Delete