Thursday, October 24, 2013

Tentang Orang Tua :') {part 1}

Sejak gue sma, gw selalu bercita2 bisa selalu nemenin mama kalau ke dokter, apapun yang terjadi dan dalam kondisi apapun... maklum, mama kan hipertensi, paling enggak bisa 1 minggu sekali dia kontrol ke dokter.
Dulu waktu sma gw slalu anter mama naik angkot, berdua jalan ke klinik baik ujan deres apa panas terik.. ngga terbayang utk gue seandainya mama sendirian ke klinik trus mendadak fertigo, siapa yang pegangin? siapa yang bisa bantu ke klinik di jalan raya gitu? jadi gue HARUS bisa selalu anter mama.
Syukurnya, sejak gue mulai kuliah gue udah bisa driving anter mama naik mobil, setidaknya beliau ngga terlalu capek untuk jalan dan panas2an.
waktu gue nikah, mungkin mama sempet was was apakah gue masih mau anter mama tiap minggu, but guess what? i never skip it (kecuali terpaksa banget) :') buat gue nganter dia ke dokter tuh kebahagiaan banget, walaupun antri, walaupun rumah gue di cempaka putih, mesti ke cinere, anter ke rempoa, drop lagi ke cinere dan balik ke cempaka putih... doesnt matter, dan Praise the Lord gue jg punya suami yang sangat sabar dan pengertian untuk ikut nemenin *peluk eric*
bahkan sejak gue punya pippo, si pippo selalu ikut ke klinik anter mama :') karena ini bukan RS, klinik kecil pribadi dokter, dan ngga ada penyakit menular maka gue tenang2 aja sih bawa dia :))
gue selalu berfikir "seandainya ini kesempatan terakhir gue untuk nemenin mama".. either gue yang besok mati or, kesebalikannya... setidaknya gue gak akan nyesel.

Emang gue gak punya kakak adik??
Yes, ada... gue anak paling kecil, kita ber empat cewek semua.. yang paling tua domisili di bali, jelas gak bisa dong gantian ama gue anter mama ke dokter.
yang kedua, udah punya anak 2 dan tinggal di cakung, gue ngerti banget repotnya urus anak, jadi gue ngga pernah berharap dia bisa untuk anter mama.
yang ketiga... jangan harap, gue gak ngerti dengan hidupnya, boro2 mikirin org lain, mikirin diri sendiri aja kayak nya rempong bener.
Lagi pula, seperti yang gue mention di awal, nganter mama itu nyenengin! why? rasanya quality time banget sama mama! bisa ngobrol, walaupun makin tahun makin kerasa bahwa mama udah berumur, cerita yang dibahas, udah di omongin kitaran sejam lalu :')

Sejak gue bangun rumah, gue emang ngungsi ke rumah mama...secara lebih deket jaraknya utk mantau tukang, gua pun yang waktu itu lagi ter galau 2012 habis berenti kerja bisa share ngeliatin pippo kalo lg capek :D

Namanya orang tua, sometimes mereka balik lagi kayak anak kecil.... berapa kali gue ingetin "ma, klo obatnya udah mau habis jangan tunggu sampe ngga ada sama sekali, cepet kasih tau biar kita tebus ke apotik, jadi gak grasa grusu"
apotik langganan mama ada di ujung gang sebrang jalan besar, kira2 ada lah hampir 1 kilo dari rumah mama. kadang dia suka mau nebus jalan kaki ditemenin ART, katanya sekalian olah raga jalan.
gue suka gak seneng, krn gue takut nanti dia bisa tiba2 pusing, tapi bener juga.. mungkin dia juga boring dirumah dan butuh juga jalan2, yah gue pikir setidaknya ada ART, seandainya ada apa2 dia ada yang nolongin.

Oh iya, udah setahun ini ternyata dia juga kena diabet, jadi mesti ati2 banget sama segala luka ke gores bahkan gigitan nyamuk.
akhir2 ini, kerjaan bangun rumah makin ribet, terutama ini lg proses finishing, klo weekend ngga seharian di urusin bisa salah2 cat or salah ngaci bagian2 tertentu, jadi eric gak bisa bantu anter dulu untuk sementara, akhirnya sesekali gue anter pake taxi.... horornya, si pippo yang udah mulai toddler ini klo di klinik bisa brutal bener : naik turun timbangan, ketok2 kamar periksa, buka tutup pintu resepsionis *tutup muka* *anak siapa itu*
akhirnya gue nyerah, gue bs kribo jagain si pippo disana... gw terpaksa mesenin taxi utk mama dan kasih uang taxi utk pulang serta nyuruh ART nemenin dia ke klinik tiap minggu sambil berharap rumah cepet jadi, so gue bs anter dia lagi tanpa taxi.

2 minggu yang lalu dia udah suka ngga mau ditemenin ART, alesannya dia pusing liat ART main Hp mulu, ART ngeluh pusing lah di jalan dsb dsb...gue mulai sounding2 ke dua kakak gue ttg hal ini, is anyone can do something about this?
Bad luck, ART mama pun berenti... padahal udah 2th kerja, dia terpaksa berenti krn ada tawaran gaji yg lebih tinggi *rolling eyes* akhirnya mama kalo pegi2 bawa ART gue.

3 hari lalu, dia mau ke apotik sama ART gue sama mau beli ini itu di minimarket, udah gw bilang ngga usah terlalu mondar mandir lagi, karena kan udara juga sekarang panas bener, mending ke apotiknya malem biar di anter eric, tapi sekali lagi: Orang Tua.
tiba2, ngga lama mama sampe rumah dengan meringis2, ternyata dia jatuh kesandung adukan semen yang udah kering di pinggir jalan raya :((
mata kaki kanan nya langsung bengkak, dan lecet2 di lutut... akhirnya direndem air anget lah kakinya dan di kasih minyak supaya anget. ke esokan harinya, panggul mama agak sakit, dia minta gue pijitin, katanya sakitnya menjalar ke paha kirinya, lalu gue tanya "apa ini karena jatuh kemarin ya?" trus dia bilang ini beda, sakit nya udah dari sblm jatuh, bahkan kata dia mata kaki kanannya udah mendingan (walaupun masih bengkak)

Gongnya kemarin, tiba2 jam 3 sore pas gue lagi nemenin pippo bobo siang (gue kaga tidur kok, lagi ngerjain cross stitching..beneran!) kok gue denger nyokap manggil2 ART gue, keluar lah gue.. ternyata nyokap lg di bopong sama ART, menurut ART gue nyokap gue tiba2 ngga bisa jalan habis keluar toilet.
segera lah gue lurusin 2 kakinya dan ngisi bantalan panas untuk di tempelin ke pinggulnya, secara gue tanya mana yang sakit, kata dia malah yang kiri... yang bengkak itu malah ngga sakit.
1-2 jam dia sakitnya come and go, tapi most of the time sakit luar biasa. Ngga bisa lah gue biarin kayak gini, akhirnya gw minta tolong kakak gue bikin appt. di suatu RS yang cukup oke deket rumah, jaraknya sih gak jauh, tp macetnya luar binasa.

eric pun langsung melesat pulang, gue yang anti bawa pippo ke RS klo bukan vaksinasi jadi ngga punya pilihan, cos dirumah ga ada orang, berangkat lah rombongan sirkus banget deh ke RS.
Kejadian miris diperjalanan yang menurut gue saat itu ramai cukup lancar, eric udah pasang hazard, selip kiri kanan, ternyata ada mobil yang kayaknya ngga seneng di selip, malah mobil gue di pepet dan di klakson2... gue sempet tertegun, Ya Allah... dia liat gak sih hazard kita? bukan kah hazard itu jadi pertanda that we are in a urgent matters ya? sedih hati gue ketika gue di pepetin sampe ada kali jarak cuma 5cm, dan di dalem mobil nyokap gue lagi nangis2 nahan sakit.. Kejam bener jalanan sekarang ini :'(

so anw, sesampainya di UGD, nyokap pun di suntikkin pain killer, dan cuma ber efek sebentar trus sakit lagi. gue sempet kepikir ini syaraf kejepit, maka akhirnya nyokap gw minta di cek sama spesialis syaraf, pendek cerita akhirnya nyokap di foto... selama tunggu hasil, si dokter udah bilang kalo ini kemungkinan kecil syaraf, justru malah mungkin ini masalah tulang panggul atau otot yang meradang di dekat panggul.
dikarena kan nyokap juga masih bengkak mata kakinya, jadi dokternya suggest kaki yang bengkak ikut di foto.

perasaan gue messy banget, memikirkan anak gue yang lagi dimobil nunggu lama bareng bapaknya, ART gue yang lg bingung plus ikut khawatir di ruang tunggu, dan mama gue yang lg jerit2 kesakitan.
menunggu itu sucks sodara2! dilalahnya hasil foto keluarnya hampir 1 jam !!
ketika foto itu keluar, hati gue udah siap dengan segala jawaban dari si foto, ternyata memang yang di panggul itu masalah otot, dan harus di fisioterapi, tetapi.... justru dikaki yang jatoh itu ternyata ada retak! huaaa... mama ku kakinya retaaaaakk!! T______T
Syukurnya di jam 8.30 malem itu masih ada dokter orthopedi yang available, akhirnya dia jelasin bahwa di umur nyokap yang udah 60th, pilihannya adl di gips or di operasi, tetapi mengingat retaknya ngga parah2 amat dan gak sampe sampe mau copot sehingga ngga urgent pasang pen, tapi dia harus di gips utk menghindari retaknya makin parah, dan untuk umuran orang tua, gips itu minimal bisa makan waktu 2 bulan (at the soonest).

Mengingat nyokap yang masih terus nangis karena nahan sakit, akhirnya kita putuskan mama harus rawat inap, karena kalo dirumah keadaan bisa makin kecot.

sambil mengurus pendaftaran kamar, dan memandang nanar jam di dinding UGD serta perut perih yang kosong (pippo pun blom makan sore), hati gue kembali hancur.... membayangkan rasa sakit yang harus di alami nyokap, sooner or later kita semua akan tua, bisa jadi kita mengalami hal yang sama, dan dikala itu harus terjadi, gue gak bisa bayangin kalau gue harus menjalani itu semua sendirian dan gue bersyukur Tuhan kasih kesempatan gue untuk melalui ini, menemani orang tua dan berharap mereka setidaknya tidak merasa sendirian... Ya Tuhan, nyess banget rasanya ngeliat mamaku kayak gini :'(

rest of the story akan gue lanjut besok ya, masih jet lack nih jaga malem *panda eye*

Friday, October 4, 2013

Mickey Pops!

Jadi, sahabat gue jaman kuliah anaknya mau ultah, udah ngomong sih dari 2 mgg sblomnya untuk pesen pop cakes untuk birthday treats nya, secara theme nya mickey mouse, jadi lah yang dipesen bentuk kepala mickey itu.

Dilalah, seminggu menuju hari H, si pippo kena virus s& bakteri pulak! demam tinggi deh sampe obat penurun panas kaga mempan, sampe ke UGD, cek darah, dan akhirnya bermalam di RS supaya aman, karena udah pake obat penurun panas lewat dubur pun paling turun 0.3 dercel.
tapi kan virus emg gt ya, panas nya heboh dan gak bs diapa2in... yang pasti gw cuma was2 aja sama step krn bener2 sekitaran 38-39 mulu, alhasil tiap se jam gw kudu temp dia supaya gak kecolongan... Puji Tuhan gak apa2 dan setelah 2 hari pun cuma tinggal diare dikit.

Thanks God, orderan gak sampe keganggu dan bisa selesai dengan baik:

Seneng deh rasanya klo bisa nyelesai'in pesanan dan anaknya hepi, sampe makan 4 pop cakes saking senengnya..ahayy priceless :')

anw, pippo baru nyelesai'in term pertama nya bersekolah, minggu depan libur skul.. trus 19okt lanjut term baru.. untuk skul, gw tetep pilih yang 1x seminggu dulu aja, karena dari awal tujuan gw taro dia di skul adl untuk ngembangin social life nya, gw ama eric emg sepakat dia mulai nambah jadwal skulnya klo udah 2th aja.

Semoga orderan pops nya makin rame yaaaaa.... :')