Tuesday, February 12, 2013

(NOT) FUN FACTS RE: JAMSOSTEK

Ngambil nomor antri secara manual bin tradisional berakibat: KUSUT

fakta2 dibawah berdasarkan pengalaman pribadi, untuk pencairan jamsostek pribadi dan di alami oleh gue di jamsostek cilandak (Jl. RA Kartini)
General info: pencairan jamsostek bisa dicairkan dimana saja dalam wilayah jakarta mana saja asalkan KTP DKI (kata CS nya via telp ya..monggo di kroscek ulang)
persyaratan dokumentasi:
- ASLI & PC KTP
- ASLI & PC KK
- ASLI & PC Kartu Jamsostek
- ASLI &  PC Surat keterangan berhenti/surat referensi dari perusahaan
- PC Buku tabungan (apabila mau di transfer)
- Mengisi formulir pencairan dana jamsostek
TIPS:
- Dateng pagi buta, yes kantornya bukan jam 8 (lewat) tapi di depan pintu masuk ada korsi dan ada daftar absen utk pengambilan nomor antri yang available di depan pintu sejak jam 6 (kayaknya) karena, gw dateng jam setengah 7 itu buku absen udah penuh tapi untung dapet nomer 11.
- Gua pernah sebelomnya nyoba dateng jam 10 tapi no. antri udah habis, serta kantor tsb udah sesek orang kae ikan pepes. bahkan ada yang bawa keluarga rame2 kayak piknik.
- klo udah dapet no. antri agak gede sebaiknya bawa minum/cemilan, gw aja sempet liat ada yang bawa nasi uduk (niat itu nomor satu, bung!) tapi solid juga loh, ada yang bawa wafer trus nawar2in yg duduk disebelah2nya..hihihi
- klo mau ada pertanyaan/kritik dan saran, silahkan disampaikan pada satpam deket pintu, ybs sangat berkuasa terhadap nomor antri serta mengerti benar peraturan claim dana.
- klo dana yang dicairkan agak besar, sebaiknya pilih dana tsb di transfer aja, cos klo mau tarik tunai di jamsostek yang disini (RA kartini) nggak bisa hari itu juga (gw ud tanya ke staffnya) mesti tunggu kurleb 3 harian dan jangan lupa PAKE ANTRI LAGI (walopun gak pake ambil nomer, tapi antrian tetap mengular)
- masa tunggu transferan (Kata staff nya) maksimal 7 hari kerja (mudah2an sih gw terimanya lebih cepet or at least, on time)
- tips terakhir dari temen gw (nggak tau bener apa engga) sebaiknya datengnya bukan awal bulan, krn kata staff yang di jamsostek jakpus katanya tiap awal bulan org yg dateng lebih mbludak.
Demikian informasi dari gua yang 2x dateng dan memilih dana utk ditransfer krn gak sanggup antri kayak pepes.

*PC: PhotoCopy

10 comments:

  1. Aneh juga ya, harusnya akhir bulan lebih membludak secara orang udah tipis kantongnya:P

    ReplyDelete
    Replies
    1. mestinya ya mba? tp kemaren denger2 kenapa yg pas aku dateng jam 10 sampe gak dpt nomor antri krn ada pabrik tekstil pakaian dalam habis PHK 500 org, jadilah mrk berbondong2 nyairin jamsostek X_X

      Delete
  2. eh, perasaan dulu waktu Lung cairin jamsostek di daerah jaksel..bukan cilandak yang pasti...ga ngantri sampe segitunya. mungkin pas kebetulan hari itu banyak yang mau claim kali ya.

    heran ya, kenapa kantor2 indo, semua pake antri berjubel2. entah sistemnya kacau atau gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pas gua lg ada pabrik tutup sih katanya.. cm gw browsing2 pada blg emg antrinya sering rame mba :(
      beuh, ngomongin di indo tuh semua perusahaan lokal apalagi yang pake acara birokrasinya tuh jelimeetttt @_@

      Delete
  3. Aduh kartu gw kemana ya, udah ilang kalee sebab waktu aku baru hijrah kesini, yg tadinya sih hy mau bbrp bulan then balik lagi ke Jakarta, ternyata rencana kita berubah, barang2 gw dan misoa diempat pembantu. Kesel banget deh kebayangin dia jualin barang2 kita di loakan kali ya. Emberrrrr buntung deh tuh tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya klo ada copy nya bisa diurus deh mba, pake surat keterangan hilang gitu (niat) hehehe.. soalnya lumayan kok mba bunga nya, klo ga salah bisa sampe 9% jadi klo udah ditinggal lama jgn2 udah beranak pinak tuh tabungannya mba syl di jamsostek hihihi...

      Delete
  4. gua pas nyairin jamsostek, nyuruh orang kantor gua dulu. jadi enak gak perlu ngantri2. huahahaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih, mewah banget deh mas pake diantri'in org kantor...hahaha...suek nih, betis pegel plus sesek2an T__T huhuhu

      Delete
  5. wah thanks bgt bon sharenya.
    kebetulan gw mau cairin jamsostek kantor lama nih.
    niatnya mau di cabang kelapa gading yg dekat kantor.

    dulu banget bertahun2 lalu gw pernah urus jamsostek di cabang pluit dekat rs atma. prosesnya cepat dan antrian sepi.
    bahkan abis itu gw masih sempat ngantor lho.

    mengikuti saran lu, nanti gw urus pas pertengahan bulan saja kali ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, coba aja pertengahan bulan sapa tau lebih sepi drpd awal bulan gak ada salahnya dicoba...
      katanya sih klo yg di gatsu jg gak rame2 bgt, hampir ke gatsu juga kemaren, tp krn gak tega ninggalin pippo kelamaan akhirnya pilih yg deket rumah nyokap deh :(
      smg lancar dan jauh dr antri ya mba ngurusnya, semangaaatt!! XP

      Delete