Wednesday, November 21, 2012

MPASI saat anak sakit

Why, nggak pernah posting resep? karena, si pippo itu kan choosy dan bosenan, bisa kali gw masak 3-4 kali sehari krn dia nggak mau makan menu yg sama dlm sehari, jadi gw klo masak tuh sedapetnya bahan dikulkas aja....tapi tetep ya,  most of sayuran dan daging ybs itu organik, jadi emg gw setok di kulkas....so,gue akan share beberapa resep yang disukai pippo...untuk takaran gram dll, tolong di kira2 aja ya ibu2...

bulan 8 & 9 nya si unyil ini, bener2 challenging months banget, isinya sakit terus...klo menurut Dsa-nya ponakan gw sih, klo anak lg tumbuh gigi, stamina mereka turun jadi gampang sakit...No wonder ya, si pippo ini lg numbuh gigi ke 5-nya, bahkan kemaren pas numbuh sekali 3 ;( parah! dan di waktu bulan ke 8, si pippo batpil ... gue yang gak punya pengalaman anak batpil sotres bin setruk! anak gak mau mangap samsek, ketika gw bilang sama sekali, it means ZERO.
segala menu udah gw coba, dari yang sok2 kebarat2an sampe yang endonesah banget...kaga ada yg disuka, akhirnya gw dikasih tau mami mieke, ternyata anak batpil itu kan klo nelen sakit, jadi dia jangan dikasih yang bentuk terlalu padat, menurut si ibu-maha-steril-idola-gue ini, coba bikin bubur ayam encer... akhirnya gw bikin bubur nasi putih pake ceker aja, dan encer..alhasil LAHAP!

So Ingredients: Ceker sebijik, fillet dada 1 slice (potong kecil2), beras organik se genggaman tangan, Air.

Berikut di bawah resep tanpa foto krn emaknya sutris tapi dijamin bergizi dan layak di coba:

Bubur Nasi Hati Ayam & Bawang bombay Ungu (eropa)
Masak bubur Nasi seperti biasa, masukkan hati ayam 1 pc, bawang bombay iris dadu secukupnya ketika bubur sudah hampir matang.
*) bisa ditambah ceker apabila suka.

Sup krim Jagung
masak air dengan 2 sdm daging ayam/sapi yang di cincang kemudian masukkan 2 sdm jagung manis yang sudah di parut & dihaluskan, ketika sudah mendidih, masukan 1 sdm oat yang sudah di cairkan dengan 3 sdm air matang.
Aduk sampai kental, ketika sudah matang, angkat dan taburkan keju parut.

Tiga jenis resep ini sih manjur utk si pippo yang lagi susah makan saat Batpil, hope it work for your baby ya moms! :)
Oia, utk batpil... gw pun baru tau, ternyata buah yg dikonsumsi justru tidak boleh jeruk! wonder kan! gw aja ampe bengong pas dr.sander bilang "jangan jeruk bu! justru jangaaaan".. secara pas dia batpil, gw sesekin 2 jeruk sehari :)) gaswaaaat!
jadi menurut si dokter, buahnya hanya boleh pear, apple, pisang.

Nahh, lain cerita ketika mencret....di bulan ke 9 ini, entah dari mana datengnya dia mencret..pdhl gak lagi nyoba makanan baru.. tp klo kata dokter si bisa virus.
Klo lg mencret gini, jelas segala sayuran di exclude dalam menu....buah pun kata dokter hanya boleh pisang aja...jadi ya balik2 lagi lah ke nasi hati ayam dan ceker :D

6 comments:

  1. min ada photo pippo waakakakak *mintak di tampol*
    semoga pippo cepet sembuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha! thanks ya pit.. nti deh gw posting foto si pippo, udah gak bs diem pit, blur mulu moto dia x_x

      Delete
  2. Replies
    1. Makasih Dea! udah getting better sekarang :)

      Delete
  3. gua juga batuk ni bon, bikin sup krim jagung donk *ditimpukslowcooker*

    townhouse maksudnya apa ya bon?
    congrats udah nemu rumah :D walaupun gua gak mudeng itu daerah mana hihi.. yang penting congrats dah..
    kontraktornya dapet dari mana bon? semoga pembangunannya lancar jaya, gua gak pernah lo bangun rumah sendiri takut sutris gak sih hihi. soalnya renov aja sutris banget :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakaka! iya lg musim nih batpil..
      townhouse tu mksdnya satu area semacem cluster gitu isi cuma beberapa rmh, klo yg aku beli tuh isi 14 rumah, konci gate depan (mksdnya gerbang rame2...haha) di copy ke kepala keluarga masing2...rencana kedepan sih pada mau hire security, klo town house mahal mah udah ada securitynya pasti...
      daerahnya di area pasar minggu mba viol, deket gedung antam itu loh...pinggiran lah pokoke, nggak sanggup beli mahal2..hahaha
      emang mba, sbnernya ngeri sutris tapi kami udah tongpes gak ada bajet lg buat byr kontraktor...ini di berani2in krn si eric pengalaman bangun rumah yg di cemput :D

      Delete