Monday, October 8, 2012

Edisi Es Campur!

Oh how i miss my blog, peluk erat & cium laptop belepotan! Mumpung Jurcil (Juragan Kecil) lagi Zzzz.. mari ketik2....Yihaaaa!
Apa ya? musti cepat & berbobot nih!

Waktu pippo 6 bulan akhir gitu, temen gw ke US bawain gerber yang snack puffs rasa pisang, alamakjang 2 minggu abis se tube geda gonoh....soalnya dia udah bisa comot biskuit sejak 6 bulan, jadi suka lah dia ngemil sendiri..nyari2 disini ternyata packingannya berubah walaupun tetep gerber, tapi judul tube nya jadi organic puffs itu pun 2 minggu langsung kandas.

Masuk bulan ke 7 BB nya pippo 8,2 kg Panjang 70,5cm. Denger dari kakak gw klo bayi 7 bln mestinya udah bisa clap hands atau peekaboo, langsunglah emaknya bergaya bak teacher, saban hari buka youtube pasang lagu barney yang BINGO, Ehhhh taunya cukup 1 minggu berlatih di 7M 1W dia udah bisa clap hands...dan sekarang tiap denger lagu trus habis dia pasti langsung clap hands! hahaha... trus krn di baby first TV ada acara peekaboo jadi tiap lg acara itu gw suka main peekaboo sama dia, awalnya asli deh gw kayak org oon, cilukba2 sendiri sedangkan dia yang cuma bengong dan gak ada nyengirnya sama sekali! tapi pas dia udah bisa di 7m 3w bisa cilukba'an sendiri...wkwkwk...kadang yg ditutup cuma sebelah mata pulak! hahaha...
Oia, gw takjub dan amaze banget loh ternyata permainan se simple cilukba dan tepuk tangan tuh means a lot dalam merangsang otak anak...menurut artikel ini clap hands itu melatih koordinasi antara otak kanan dan kiri, trus klo cilukba mengajarkan anak percaya diri, mandiri, fokus dan sabar, artikel bisa diliat di sini..
Jadi kalo kita mau ajarin anak dan merangsang otak anak, so many simple ways to do those things dan cheap pulak!
for me as a staying at home mom, internet help a lot... memaksimalkan fungsi laptop dan you tube untuk kasih lagu2 yang edukatif dari Barneys atau Raffi banyak bantu gw untuk ngajarin pippo tepuk tangan dan belajar irama...dan acara TV yang edukatif kayak baby first TV dan disney junior juga banyak banget ngajarin pippo hal2 bermanfaat.... bukan acara inbox or pesbukers yaaaa... ih, parah banget!
Eniweeeii...
Pippo juga udah bisa ngerambat, jadi pas masuk bulan 8 gw beliin baby walker dorong2 merk little tikes...jadi dia suka dorong2 sana sini, tapi mesti di pegangin takut bablas, dan gw gak paksa sama sekali...klo dia capek ya dia duduk,klo gak mau bediri juga gak pernah gw paksa...hanya klo dia mau. Syukurnya menurut dokter sander emang cowok motorik kasarnya biasanya cepet, tapi si dokter juga kaget pas vaksin bulan 8 itu gw kasih tau klo pippo udah bisa ngomong "Bird"... dan ngomongnya nggak ngasal, hanya klo pas liat burung...hahaha...gara2 klo dirumah nyokap banyak burung dan dia suka banget centikkin jari nya sambil ngomong "Birr..birr.." trus kesinian lafalnya jadi "Beedd, beeedd"...Oia, pippo suka banget ngomong RRR...klo lagi marah bisa teriak Nddrrrrrrr... Ndrrrrrr! :))) entahlah mksdnya apa

8 Bulan kemaren pippo sempet kemasukan bakteri tapi gak sampe mencret,menurut dokter sih bukan karena makanan karena dia nggak mencret2 dan BAB normal,cuma klo malem perutnya suka dipegangin sambil nangis, sama Dr. sander dikasih laktobe aja.. dan 2 hari sembuh.
pas di 8 bulan BB nya turun jadi 8,1kg Panjang 72cm, gigi udah mau 3 bijik! 2 bawah 1 atas... kayaknya pippo tuh lari ke panjang dan ngentengin badan kali mau jalan...klo menurut dokter, idealnya 1 tahun itu 10 kgs... so i have home work! dalam 4 bln musti naikin BB pippo 2 kgs, buat badan gua ndiri mah itu hal keciiiiiiill, tapi buat nih bayi atuuu....haisssh PR banget!
secara makannya dia nih rada milih, entah apa salah gw tapi dia tuh gak mau makan makanan yang sama berturut2 misal, pagi tuh bayam + kabocha, siang dia gak mau lagi, jadi mesti ganti misal labu air + wortel, trus sore balik lagi ke bayem dia mau....*lap keringet*
untuk MPASI gw tuh slowly but sure banget, banyak banget ibu2 yang udah nyobain ini itu sampe gw takjub liat jadwal makannya, tapi setiap orang punya prinsip sendiri, sedang gw lebih pilih pelan2 dan hati2, cuma untuk jenis makanan yang di coba gw selalu mengacu pada babywholesome, cuma itu aja kitab suci MPASI ane gan, dan sekarang ini pippo lagi nyoba keju cheddar, hari ini hari ke 4 nyoba, sejauh ini TATA (Tidak Ada Tanda Alergi)...Puji Tuhan, knowing kelemahan gw yang gak bisa kasih ASIX maka gw berusaha keras utk jaga makan dan kesehatan anak, sampai 8 bln ini pippo sakit cuma dua kali, kena virus roseolla (yang ditularkan melalui org dewasa) dan kemarin sedikit kena bakteri (dugaan dari ybs sendiri yang suka cungkil2 lantai dan jilat2 rubber mat!!)...gak pernah batpil, cuma pernah HAMPIR pilek di usia 2 bulan karena Baby sitter gak mau ngaku lg pilek dan gak mau pake masker!!!!
Karena pippo susah minum susu sekali intake 180ml, paling max 120 ml per intake, dokter sander bilang gak usah kawatir, sekarang udah gak berlaku lagi makanan 4 sehat 5 sempurna, yang ada yaitu makanan dengan gizi seimbang, klo gak bisa susu? ya ganti keju... gak bisa ini, ganti itu...So, no worries...!
So, i wanna tell all mommies yang mempunyai kelemahan yang sama kayak gw yang tidak berhasil ASIX, Its not the end of the world, jangan merasa terkucilkan oleh orang2 nyinyir yang bilang bayi formula itu gampang sakit... look at pippo, healthy, bright and happy! bukan mau sombong loh ya, jelas ASI itu paling sehat selama si ibu juga makan sehat tapi gue hanya mau men-cheer up sesama ibu2 yang berjuang untuk kesehatan bayi ;)
My next home work is: ngajarin pippo pup di toilet seat-nya, dan minum air putih dari gelasnya, klo dari sippy cup dia udah bisa dari umur 6 bln tapi klo gelas selalu makbyooorrr...tumpah sana sini...hahaha!
Keep Healthy and Happy, Dear Baby!

8 comments:

  1. ih Pippo udah bisa berdiri aja... photo na kurang banyak nih wakakakaka~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iya nih pit...emaknya kurang narsis..hehehe thanks pit

      Delete
  2. Ga berasa ya, Bon. tau2 pas baca postingan elu lagi, pippo udh bisa berdiri. Bentar lagi lari, trus sekolah, kerja, kawin dahh.. wakakaka....giling nih gue.. mikir kejauhan.

    Iya bon, gue juga ngerasa walaupun gue ga ASIX (bukan ga mau, tapi produksi dikit bener), asal makanan penuh gizi, anak ga gampang sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh mba, gw jg suka mikir kejauhan...takut mereka cepet gede and tinggalin emaknya T_T *lebay*
      bener mba, kan bukan gk mau kasih ASIX tp emg udah diusahain dan gak berhasil, yang penting makan bergizi juga cukup ;)

      Delete
  3. wihh keren Pippo..udah bisa diri dan jalan pegang baby walker..:D
    berarti jalan sama tumbuh gigi bersamaan ya..kan kalo kata orang2, kalo baby jalan duluan, biasanya giginya belakangan. begitu juga sebaliknya :)

    semangat terus ya pippo..:*

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks mba Desi, pippo eces nih liat terowongan tendanya ..huhu, mauuuu! hehehe

      Delete
  4. iya betul, asix is the best buat baby, tapi yang lebih penting lagi, kasih sayang dan perasaan gembira sehingga baby juga sehat dan happy :D

    ReplyDelete