Thursday, April 26, 2012

What is wrong with those company?

Sebenernya gue cuma mau grumbling...
Case#1
Sore ini boss gue suruh gw booking tiket, flying with one of airlines with award "The Worlds Most Improved Airline". berdasarkan info yang tertera di web mereka, ada kelas promo utk tujuan si boss mau pegi dengan harga total dua juta sekian. trus beberapa kali pak boss nyoba booking sendiri tapi failed mulu tanpa reason yg jelas.
Yaudah siiikkk, gue coba aja call travel gue...ekkhh, ternyata kelas promo yg dese maksud cuma valid klo booking via inet, trus kita coba book lagi (baca: beduaan ama pak boss mantengin laptopnya dengan muka serius gemes gitu...bayangkan lah serius gemes tuh kayak mana)
Dan iya aja gitu, failed lagi failed lagi... dengan pesan terakhir intinya kaga bisa booking karena sesuatu yang eror..ya aposeh?
gue call lah CS nya, secara pak boss juga kan ada member eksklusif nya gitu ya..harapan kita pan, dia orang bisa kasih penjelasan yang lebih enak didenger buat si member, eh yaaaa... dia blg ada step yang gw kelewat, ya itu ngedaftar email address di step ke 3 (dari sekian byk steps utk booking)... yaudah, gw sama pak boss dengan sabar2 empet gitu ngulang lagi tuh proses sembari ngisi form register email nya (mana pak bos alamat di canada nya rempong banget buat diketik berulang2, thank God ada penemuan cara copy paste, jadi gw gak kayak kelurahan ketak ketik ulang2)..trus sukses gitu? ya engga lah.. lagi2 kata si laptop failed karena ada yg eror.. sapaseh yang eror? coba sini bawa ke gua orangnya!
gw telepon lagi lah CS nya, kali ini alesan nya lebih jelas.. alias jelas bikin keki!
CS: "Ibu, bookingan ibu jelas tidak bisa diproses...kan seat promonya udah abis"
Me: "Trus mas, dari mana kita tau kalo tuh seat udah abis? secara gak ada penjelasan seat abis"
CS: "memang tidak ada bu, karena sebenarnya seat habis itu kondisinya belum sold, masih under booked semua nya, jadi customers belum issued tiket tapi seat sudah diambil semua"
Me: "Trus mas, klo begitu, kenapa juga dari awal kita bisa pick promo seat nya? klo emang habis mestinya dari awal pilih paketnya gak bisa, kan saya capek ngulangin step2 nya begitu...panjang tau mas"
CS: "iya bu, itu memang kekurangan kami dan kami sedang berusaha memperbaiki system kami"

Greeeng, apa lu kata? enak bener ngemeng begono..lom tau boss gw yak?
Dan pas gw sampein ke pak boss dia langsung pasang muka memerah rambut boti nya mulai menjegrak dan mengeluarkan kata2 yang depan nya ada F.. F.. F nya gitu *atut*..tapi jelas wajar untuk kali ini boss gue marah dengan logis  ya...
trus kan gue lagi pelan2 melipir keluar ruangannya, eh dia menggelegar lagi ngomong gini "kalo gitu gua submit aja form komplen"...trs gue ngangguk2 sok pengertian gitu trus berlari cepat ke kubikel gue sebelum ketepa murka si boss. Eh?! blon juga pantat gw mendarat di korsi dia udah teriak lagi manggil gua.

Boss: "coba lu send deh form ini"
Gue: "ok"....*sambil ngetik verifying words nya*
Eh....kok gak masuk ke page yg sama lagi dengan verifying words yg b'beda...trus gua ketik lagi..send...eh!? kok ya masuk ke page yg sama lagi? lah ini mata gua yg butik apa emg ada field yang lom ke isi? pas gw cek udah komplit semua...
Gue: "yah pasrah dah boss, emg kaga bisa dikirim...."
Boss: #$%^&*

Trus gak lama pak boss message-in gue, bilang klo dia udah telepon CS nya marah2 dan endingnya dia disuruh kirim email *gelundung sampe jeruk purut*...yaaa elaaah, solusi banget dah! eh tapi gak lama dia message-in lagi: "gue udah kirim emailnya, Thank God akhirnya ada automatic reply ke email gue..finally ada system yang jalan di perusahaan mereka...no wonder slogan mereka kayak gitu.. improve mulu alesannya".
terkadang, gua suka pusing klo pak boss komplen tapi kali ini.. gua ngarti banget daaahhh...

Case #2
Inget kasus mandala gua ga? yang trip ke hongkong hampir gatot gara2 sehari setelah gua issued tiket mandala trus besokannya dia mengumumkan diri bangkrut? klo inget itu gw bener2 murka sampe ubun2! ada gitu perusahaan besok mau umumin bangkrut sehari sebelumnya masih terima reservasi? bener2 nyari duit banget buat bayar phk!
Thank God, mereka di beli sama satu airlines yang menurut gua cukup bonafid walaupun itu airlines dengan harga ekonomis juga. dan ternyata sekarang udah bisa claim tiket gw yang dulu... tapi dari mana gua tau??? dari temen gue yang kebetulan buka web nya mereka.. D'oh! please deh! waktu kita ke office mereka utk claim tiket kan mereka udah punya data email kita, mbok yooo...kirim notifikasi kek utk reconfirm tiket atau apa gitu, klo temen gua gak kebetulan lg buka tuh web kan jadi gak tau... buktinya???? buktinya tantenya eric kemaren mau claim tiket pas buka web nya udah gak ada aja gitu section untuk isi claim tiket?! Nyooohhh.. kesian bener dah!
Untung gua sempet kedapetan nge-claim beberapa minggu lalu, dan terima notifikasi klo claim gue udah mereka terima, and it takes 3-4 weeks to process it.... Seeeet, daaaahh... klo gak inget itu 2.7jt yaaaaa, bener2 takes time banget ini airlines, udah setahun lebih boookkk! dari rencana bikin baby made in Disneyland sampe baby nya udah bisa jejeritan blon landing juga duit gw ke rekening... hufft!

5 comments:

  1. coba komplein lewat twitter dan facebook. biasa lebih efektif dan lebih cepet ditangani karena mereka takut dibaca orang2 lain.

    atau masukin suara pembaca sekalian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang mandala,twitter resmi mandala sampe gak ada suara sama sekali sampe orang2 bikin akun @DamnMandalaAir segala...tetep aja wkt itu gak ada respon, mungkin krn keadaan mereka juga masih carut marut ya?
      Nah klo airlines yang dapet award itu, kita masih nunggu respon email pak boss...semoga aja ada penjelasan yang bisa menenangkan hati ybs :D
      Thanks mas arman :D

      Delete
  2. bonnie, gue pernah kerja di the most improved airlines, skrg sih udah ga, tapi kalo ada yang bisa gue bantuin kabarin ya bon...kira2 apaan gitu hehehe maap yaaa mungkin memang lagi error sistem mereka...mudah2an ga kapok yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyaaa...! baru inget, Lydia kan pernah kerja disitu yaaaa...huhuhu, tau gitu gue curcol ama lu dulu ya...hahaha, rasa gw nothing we can do deh Lyd, as an input, sepertinya emang system nya kurang ciamik ya lyd, seperti yg td gw bahas klo seatnya emang udah gak available mestinya dari step 1 itu seat mending gak bisa di ambil supaya gak buang waktu.. rasa gw sih pak boss gak kapok lyd karena itu satu2nya airlines yg dia mau pake utk trip lokal, cuma mgkin dia buuete krn udah jadi member loyal tapi direspon nya ky gt..hihihi, semoga improved yah systemnya :D

      Delete
    2. harusnya kalo tiket promo cuma bisa booking lewat internet ga bisa waiting list bon, alias ga bisa underbooked kayak yang dibilang gitu sih, dan semua tiket promo yang dibooked via internet kan langsung issued, ga ada namanya pending2an gitu...hehehe.. iya mudah2an boslo ga makin kesel yaaa...tapi emang kalo itu airlines lagi promo harganya gila2an murahnya sih ya..hehehe

      Delete