Thursday, April 12, 2012

Newbie Mom!

first month experience: was it easy? Freakin' NO... but i feel blessed.

Buuu, siapa gak sedih ya? hasil observasi dari kelahiran pippo, jumlah nafasnya diatas 60x permenit...and it wasn't good but we cant say it means something either (yet)
biasanya newborn baby napasnya ada disekitaran 40an...katanya: kalau napas sampai tersengal2 begitu, ada kemungkinan infeksi pada baby, mau nangis? absolutely!
ketika bayi sedang menyusui atau menangis, napas disekitaran 60 per menit itu bisa dibilang yaaa, wajar...tapi dikala tidur? its not a good sign.
di hari ke dua, dokter minta persetujuan gue untuk ambil darah pippo, she needs to make sure there is no infection.
rasanya sakit, tau anak gw yang masih bau kencur mesti ambil darah ;(
kasihan, badan masih seiprit udah diambilin darahnya, tapi kalau ini yg terbaik ya sudah...padahal obgyn gue yakin gak ada air ketuban yang terminum, dan air ketuban saat lahiran jernih, nggak keruh sama sekali.
tapi, demi kejelasan...pippo akhirnya ambil darah...Untungnya gak ada infeksi, tapi gue terima kenyataan jelek lagi, bilirubin pippo ternyata tinggi..dokter emang udah bilang dia agak kuning, tapi dengan berharap ASI gue yang bisa mengalir lebih deras namun ternyata nggak kunjung deras juga sampai hari ke dua menyebabkan pippo jadi kuning :'(
saat itu, masalah napas yang tersengal2 diasumsikan akibat dari lilitan yang pippo alami waktu diperut, karena menurut rekam medis,ketika pippo lahir dia itu sampai tercakar2 pipinya karena usaha melepaskan diri dari lilitan...kasssiaaaann anaakkuuu :( jadi bisa jadi dia pun napasnya belum bisa stabil karena agak capek diperut.

Sampai di hari terakhir gue di Rs. ternyata pippo bilirubinnya 10,7... Asi bener2 gak bisa di andalkan, dan gue pun harus bersikap rasional untuk feed him with mixing ASI with sufor..NO judging ya, saudara2... nggak ada ibu yang gak mau kasih ASI kalau ASInya ada...but i was considering my son's health saat itu, dimana gue udah pompa kayak orang apa tau, dan learning so hard how to breastfeed...huuuffft, jungkir balik deh hidup gw rasanya.

Thank God, gue punya dokter anak yang gak judgmental, dia gak pernah bilang anak gw anak sapi, and never blaming on me karena ASI senen kamis...cause she knew how hard did i tried...padahal ya, dia itu ibu dari 3 anak dimana semua anaknya ASIX sampe 2 tahun.
Dokter kasih gue pilihan, blue light pippo sehari lagi (means, pippo harus di tinggal di RS) or..dibawa pulang tapi dengan resiko kejang (katanya: semakin tinggi bilirubin, akan ada resiko kejang)..tapi gue gak sanggup biarin anak gw sendirian di RS, jadi gue akhirnya tanda tangan surat minta pulang.
meratap ke langit, di akhir bulan febuari itu cuaca bener2 tidak bersahabat, tiap pagi matahari spt enggan bantu idup gue.
tapi gue tetap semangat! jemur pippo walau mendung, pompa asi tiada henti...walau nggak seberapa tapi setidaknya semua yang ada di tangki gue kuras buat dia.
tiga hari setelah keluar RS, gue balik lagi untuk cek bilirubin...again, gue harus nahan air mata pas pippo di ambil darah..dan hasil nya pun masih 10,5..akhirnya, pippo gak bisa vaksin dan pulang lagi dengan lunglai.
semangat lagi untuk jemur dan pompa asi...terus begitu setiap hari, sampai seminggu.
dan ketika kontrol ternyata pippo udah getting better dan bisa vaksin :)
apakah ujian berhenti disitu? Opkors tidak saudara2 :)

Papanya pippo punya masalah sama kulit, nama penyakitnya dermatitis seboroik....borokan? bukaaaann..hahahaha!
jadi, ini semacam alergi...so far kita gak tau alergi makan apa? tapiii, satu hint yang jelas, ketika udara panas...daerah sekitaran dahi, pinggir bibir, pelipis dan tengkuk menjadi menghitam dan mengelupas..makanya papanya pippo kulitnya belang2 :D Maap ya pa, bukan jelekin tapi kan ini demi ilmu pengetahuan kita semua..hehe
waktu itu kita ke Erha, kata dokternya dermatitis macem gini bisa menurun ke anak..ternyata knocking on the wood saat itu gak berhasil, and so my son now got the same issue... makasiii papaaaaaa!

Jadi, kira2 sebulan setelah lahiran...tiba2 seluruh muka pippo berjerawan kecil2 warna merah..kita semua suspect ini cuma keringet buntet..we put powder on it!
and its not getting better...in fact, si jerawat merah mewabah ke dada dan punggung.
waktu pippo baru lahir, wajah pippo ada banyak baby fat, when i said banyak it means Banyaaaaaakkk...saat itu Dsa nya bilang its Ok, its Normal and it will gone by time.
belum juga si baby fat hilang, wajah kecilnya udah di timpa lagi sama si jerawat kecil2..Dsa yang tadinya feel fine with it jadi agak risau, she is a person yang gak suka kasih obat, jadi dia saran mending ke Spkk aja supaya lebih clear penjelasannya..sejauh ini jerawat-kecil-merah itu disebut: Miliaria.

Meeting the Spkk was pain in the butt.. bukan dokternya, tapi antriannya bok! really not for baby! tapi apadaya, demi mengembalikan kulit mulusnya we need to do this.
setelah di cek sama Dr. Spkk nya, dia pun bilang, yes...ini Milium.
semua bayi pasti ada miliumnya tapi kadar banyak-dikitnya itu beda2...ada yang hampir gak ter-notice ortu nya, ada yang kayak si pippo: hebron!
milium itu keluar sebagai penghabisan hormon androgen dari kehamilan ibu..So, doctor said its not wise to give medicine for new born baby, jadi: let it be.
Yuk, mari....tapi klo udah cukup ganggu bisa dikasih soothing cream.

Sejauh ini, pippo mandi pakai sabun sebamed, dan akhirnya pun ditambah sebamed cream..not a cheap one, but..really work!
I know no photo means hoax, tapi i dont care...ane sibuk gan, rempong banget idup ai saat itu

Dan apakah masalah per-baby-an selesai disitu? Opkorrrss tidak...secara pippo minum sufor, there was also problem with the formula...will talk about this separately.

Hope this share helps moms out there yang punya baby dengan masalah kulit yang sama ya, my two cents is:
- jangan di bedakin, klo kata Spkk nya ngga usah.
- jangan di jemur terlalu lama, 15 min. will be enough karena kalau kelamaan akan memicu si milium ini makin bangun, itupun matahari sekitar jam 8 pagi.
- tidak perlu di jemur secara langsung, dari ventilasi juga sudah cukup.
- setelah menyusu, lap sekitar mulut baby dengan kain di basahin air hangat.

Hope this post adding your knowledge moooms ;)

2 comments:

  1. Anak gw jg alergian kok tp atopi yg pipinya tangan kaki sama lipatan paha. Iyaaa gw jg males antri spkk.. Blum lg lama bgt, nunggu bikin salepnya jg lama... Duh duh duh.
    Semoga baby pippo sehat trus ya :)

    ReplyDelete
  2. Alergi apa mba? susu atau udara? iya...klo baby pake ngantri kelamaan tuh kesian...dirumah sakit pula yaa...

    ReplyDelete