Wednesday, April 11, 2012

C-sect experience

Disclaimer: postingan ini based on my own experience, setiap orang dapat mengalami hal yang berbeda, this sharing information dedicated only for general knowledge.

Gaaah! akhirnya bisa mosting sesuatu ya buuu.... setelah 3 bulan cuti dan minggu depan mulai masuk...blog ini mungkin udah dilupakan oleh khalayak juga kali.. *emang pernah di inget ya?*.
Tetapi ya, gue emang udah rencana untuk share how was the surgery, supaya para bumil didunia maya yang berencana untuk c-sect setidaknya dapet sedikit gambaran *serasa ada yang mau tau*.

Jadi, setelah eric pergi meninggalkan gue karena udah waktunya gue masuk ke ruang operasi, si suster ber masker pun menggeret bed gue ke lorong otw ke ruang operasi.
ini pertama kalinya gue masuk ruang operasi. setiap rumah sakit pasti bentuknya berbeda, tapi inilah ruang operasi RS. Mitra Keluarga Kelapa Gading:
Satu ruangan besar (banget) bernuansa hijau, dengan meja operasi di tengah ruangan.. ada beberapa meja di pinggir dinding untuk observasi baby dan timbangan serta inkubator.
gue pun disuruh pindah ke meja operasi..sungguh gak ada yang gue mau lakukan selain lari tunggang langgang ninggalin semua kru disitu.
Dr. Loyd pun sudah siap di belakang gue, gue disuruh memposisikan diri sperti memeluk bantal. and you know, dis doctor yaaa...jempolan nek! itu suntik yang katanya sakit, sama gue gak ada rasanya sama sekali...
gak lama setelah gue suntik spinal, kaki gue mulai anget dan agak semutan, gue gak berhenti untuk terus mencoba gerakin kaki to make sure gue udah ba'al...gue takut bangeeettt kaga kebal pas di odol2...
banyak yg cerita ke gue klo kita bisa ngeliat proses operasi dari lampu operasi...and yes, its true...INDEED! jelas banget klo mata kita gak minus.
gue bisa liat ketika suster mulai masukin kateter....rasanya? gak ada rasanya, karena kateter dimasukin ketika gue udah di suntik spinal
setelah kateter masuk, dokter lita pun datang...perut gue pun dibersihin pakai antiseptik, darimana gue tau? karena gue masih intip2 tuh lampu neeekk!...dan itu perut ampe kaki masih terasa banget bo! dan gue dengan paniknya nanya dokter loyd, kenapa gw masih bisa merasakan semua? dan dia bilang emang anastesinya itu bukan untuk gue kebal sentuhan tapi kebal rasa....Meeenn, kenapa gak ada term and condition diawal..ini kan bikin gue tambah horor!
akhirnya gue memiringkan kepala gue supaya gak liat2 lampu..dr.loyd siaga di belakang gue, dokter lita menutup krei di dada gue supaya gue gak liat prosesinya *sapejugayangmauliat*...gue terus berdoa salam maria bapa kami on and on...para dokter pun mulai bekerja sambil ngobrol ngalor ngidul..tentang seminar, gosip dll.. gue pun merasa ini kok agak lama ya nek, perasaan kata orang2 gak sampe 20 menit udah keluar bayinya...nape ai punya lama...
yes, it is...its more than 45 min...dan obrolan para dokter makin sunyi...omigad! ada apa? lalu tiba2 dada gue sesaaaakkk bukan main, perut gue kayak di dorong ama para dokter, ah ya, mungkin dorong bayi keluar....tapi kok, napa di dorong2 mulu? and it made me makin mual men! trus gw teriak "dokter aku sakit nih dada nya"...trus dokter lita jawab "iya bu, gpp..klo mau keluarin bayinya emg gitu"... tapi ya, kok lama aja dorong2nya..akhirnya gue mual beneran, dan gue gak tahan lg mau muntah dan gue pun teriak "aduh aku mau muntaaaah" en deeennn, gue di shut down...gue kayaknya tidur...gak tau untuk berapa lama tapi gue denger ada suara bayi nangis..sepertinya pippo di observe dan dibersihkan, lalu dokter anak pun menghampiri : ibu, ini anaknya...kita coba susuin ya...dan gue dengan polosnya menjawab: tapi dok aku mau muntah, hoeeeekkk!!!!
Iyes, alhasil...pippo kaga IMD...huhuhuhu T__T sedih nya bukan main, setelah gw muntah gw pingsan lg, dan gak lama gw dibangunin lagi
"bu, cium babynya bu..."...dan gue pun berusaha memonyongkan bibir ke arah pippo.
setelah itu...tidurrrrr lebih dalaaaammmm!
sadar2 gue udah di ruang persiapan operasi di awal tadi...dengan muka kok tiba2 gatal semua...tiap ada suster lewat gue panggil, dan kasi tau muke gue gatel..kan takut kenapa2 yaaahhh...
lalu muncul lah dokter lita...asli, gw liat dia saat itu kayak malaikat! she's my savior and she was really (too) nice to me..*peluk dokter sangat erat*
dan dia pun ajak gue ngobrol: "gimana bu perasaannya?" ... gue bilang muke gue gatel, dan dia bilang itu efek anastesinya trs dia lanjut bicara: "bu, tadi itu..anaknya kelilit tapi pusat...dua lilitan bu..jadi tadi ibu emang agak sesak karena ngelepasin tali pusatnya agak susah, cuma gpp..anaknya sehat kok...sekarang masih di observe sama dokter anaknya ya...ibu istirahat nanti saya jenguk lagi"
Aaaaaa~ Pippo! kamu bikin mama sport jantung! udah sempet kelilit sekali waktu di perut eh ternyata kamu kelilit lagi, kasian kamu naaakkk...huhuhuhu
lalu gue pun gak lama di bawa keruangan dengan keluarga menunggu diruangan, ketika gue disambut mereka gue pun memberi respon :muntah lagi.
hahahaha! begitulah cerita nya ibu2 sekalian, gak nakutin kaaan??? opkors engggaaakkk...selama kita punya obgyn yang bisa kita rely on...dan rumah sakit yang kita percaya berfasilitas cukup baik, dan berserah sama Tuhan, Trust me...everything gonna be fine :)
berikut putu2nya yaaa...


 Nggak nakutin kaaaaan? it was memorable...thank God, dokter lita ngingetin utk ngasi foto ke salah satu suster buat dokumentasi... i loooove my obgyyynnn *sun sun dokter* :')

21 comments:

  1. Duh ngeri ya bacanya. Aku dulu gga c-section. Disini emang melahirkan selalu diusahakan natural kalau emang gga bisa baru c-section. Gga sakit ya waktu disuntik kebal? Aduh, 2 kali aku disuntik epidural, sakit banget Bo. Hubby blg jarum suntiknya gede, panjang, kayak suntikan kuda LOL. Makanya misoa temen gw, orang bule OZ, bisa pingsan juga tuh saat bininya disuntik epidural, LOL. Tuh bule bikin repot ajah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Syl, disini udah semacem opsi bagi moms nya..but in my case, krn si pippo sampe week 38 nggak masuk jalur lahir..ihiks!
      Ih, Thank God loh epiduralnya gak sakit...tp klo tau itu senjata segede suntikan kuda mungkin aku lari mbaaaa...hahahaha :D

      Delete
  2. hai..hai.. Uda lama suka baca blog nya.. Tapi baru comment.. Samaa.. Kemaren juga gue di anestesi kaga ada rasanya. Baru tau setelah operasi kalo itu katanya sakit banget.. Puji Tuhan.... Btw, seru juga ye ceritanya.. Sampe 45 menit pula. Kemaren gue kembar paling 10 menitan uda keluar 2 - 2nya.. Uda pada berebut di ujung mao keluar soalnya..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sinta :) iya...bersyukur ya kita gak ngerasa sakit :D waduuuu twin baby! pasti so cuutee... congrat ya :)

      Delete
  3. waahhh ngeri ....btw congrats yah si baby pippo udah lahir
    skrg gmn sehat2 aja yah ! semoga ibu n anak sehat n pippo cepet besar .
    mau risol nihhhh sebaki .. wkwkwkkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Veeennn...mauuu risolnyaaaa wkwkwk...
      makasi mba ven, Puji Tuhan sehat2 semua :)

      Delete
  4. Hai bon.. Kenalan dong :) haha gw setuju bgt kalo ketemu dokter kandungan yg baek itu kaya ketemu soulmate. Kayak kemaren temen gw lahiran, nunggu bukaan sampe 1hari dan baru ketahuan kalo bayinya kelilit tali puser.. Gile aje.

    Congrats ya for the baby :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yulia.. salam kenal juga ;)
      haissshhh, gak kebayang nunggu bukaan selama itu @_@... emg klo ktmu obgyn yg oke rasanya hamil tuh tenang bgt :D

      Delete
  5. congratzzz yah! *kok g ketinggalan postingan yang satu ini yah hihihi*

    ReplyDelete
  6. Congrats ya mba, sharingnya berguna bgt.. Soalny saya jg mo c sect dlm bbrp mgg. Bc blognya nenangin bgt.... Mpe bc berulang2 hehe.... Btw mba, ad saran pk dr anak siapa saat lahiran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Lynn... sukses ya buat rencana c-sect nya, di bawa doa biar tambah tenang :)
      Dokter anak? emang kamu di Rs mitra kelg kelapa gading juga? klo aku wkt itu Dr. Jeanne :)

      Delete
  7. Hi Bon,
    Iya saya di rs mitra jg...lg cr dsa yg pro imd n asix.... Gmn dg dr.jeanne? Recommend gk? Akhirnya saya mutusin pk dr loyd jg. Mudah2an cocok tar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo Dr. J sih biasa yah.. imd sih wkt itu aku iya, tp krn aku mual jadi gagal ;( trus asix juga di tanyain apalagi pas bayiku kuning, mau nunggu asi atau gmn? krn skrg di RS nya mesti TTD pernyataan mau kasih formula klo ortu nya pilih di mix antara asi & formula.
      yang minus dari Rs. nya tuh suster2 bayinya, menurut ku tuh kurang merhatiin anak, coba nanti klo kamu udah lahiran sering2 liat anak di kamar bayi, klo bayi gumoh kdg suka gak di elap dll..entah mengapa mrk kurang sigap disitu.
      Dr. Loyd OK, aku recomend banget :D mudah2an cocok ya, wkt itu aku gak sakit samsek ama dia, tapi gitu..orangnya less talk, tapi klo kita tanya2 ya di jawab sama dia.
      tanggal brp emg c-sect nya?

      Delete
    2. ohhh wah2... masukan bgt nie bonnie... thank you yah, Bon...
      rencananya sie akhir bulan ini...mudah2an lancar tar... :)

      Delete
    3. Sip.. mudah2an baby and mom sehat selamat & lancar.. jgn lupa klo mau imd, info dulu ke obgyn nya plus pas check in di RS info lagi ke bidannya, biar gak kelewatan....Oia, sama klo mau pilih dokter anak bilang juga ke obgyn biar di arrange Dsa nya, lancar2 yaaahh

      Delete
    4. Iya... Thank you Bonn... ;)

      Delete
    5. Hi Bon, if u wondering...
      Saya sdh lahiran, n baby sehat selamat.... Thank u buat rekomen dr loyd... Ternyata cocok bgt, beliau jago bgt suntiknya.. Cm yah awalnya agak kaget wkt suntikan masuk, lsg saya dibekap sepasukan para asisten operasi... "drama" dhe... Tp begitu liat obgyn, bnr2 nenanginnnnnn bgt haha... Skg sy sdh tau gmn c section, buat referensi tmn2 yg lain, hrs tau bhw cek alergi itu tyt sakiiiiiit bgt... N hrs tau bgt apakah kt alergi obat2 anastesi, obat mual dll. Jd bs ksh tau dr nya.... Ok dhe, sekiannnnn dl... Xoxo

      Delete
    6. Hi Lynn.. Congrats ya buat new born baby nya, welcome to the motherhood :D
      Obgyn nya siapa sih lyn? Dsa nya jadi Dr. Jeanne? aku udah pindah dokter ke BWCH
      Iya bener, cek alergi sakit yah...thanks for updating me ya Lynn, congrats once again :)

      Delete
  8. Obgynny dr sugi... Saya cocok bgt dg beliau, orgnya care n enak diajak ngomong. Rekomen dhe klo Bon mo coba konsul utk anak kedua tar hehe... Dsa nya dr Isabel. Utk dsa saat lahiran, kyknya semua dsa sama saja ya... Gk tll ngaruh sie... Tp saya lanjut imunisasi baby sama beliau. So far, ok ok saja sie... Thank you Bon...

    ReplyDelete
  9. Hai salam kenal. Kemarin jg saya lahiran sc di mitra gdg dgn dokter Stella. She's d best doctor.. tapi skrg bingung dokter anak dgn siapa. Aku coba 4 dokter dgn pernyataan beda2 ttg alergi susu sapi. Puji Tuhan anak my sehat. Bahkan dokter anaknya kdg2 konsul dgn dokter stella juga..

    ReplyDelete