Thursday, December 29, 2011

Lesson Learned for Pumpkin.

Disclaimer: Postingan ini bukan untuk pamer/sombong/norak, malah klo bisa ikut mengajak semua penonton untuk sharing rejeki :)
Semua merk makanan, nama toko/swalayan yang disebutkan tidak memberikan any fee to me, pokoknya just to mention without compensation lohhh!!!

Waktu dulu para ibu2 (emak gue+ MIL gue) sibuk ngomongin tujuh bulanan, gw sama eric gak terlalu excited krn sebenernya kita dah ada rencana lain utk mensyukuri dan memohon doa utk keselamatan sampe lahiran.
Setiap paskah-natal, gue sama eric berusaha utk bisa share sesuatu ke yayasan or panti2, nah tadinya utk tujuh bulanan, kita juga mau nyumbang aja lagi ke panti/yayasan, krn kita pikir utk keluarga: makan malem rame2 aja kan cukup ya?? tapi ternyata untuk para sesepuh acara nujuh bulan tuh sungguh bermakna dan tak bisa tergantikan.. @_@ bingung aku!
ya udah, daripada terjadi perang dunia, kita turutin aja keinginan para ibu2 itu, tapi tanpa mengesampingkan rencana awal kita. Memang nggak langsung juga kita lakukan pas tujuh bulan, secara tujuh bulan gue deketan dengan moment approaching natal, maka gue bagikan aja dibulan penuh berkat meriah ini *ciaaahhh, apa coba?*

Trus kita berfikir, masa sih yayasan mulu...mana kali ini budget gak gede2 amat, kayaknya klo cuma dengan budget yang dipunya sekarang kok ngenes banget mau dikasih ke yayasan, atau kalaupun mau di belikan susu/pampers utk anak2 panti kok bakalan cuma dapet se iprit...nggak enak juga rasanya.
Jadi kita mikir kir kir...kemana harus menyumbang? cara paling praktis sebenarnya adalah, setor aja ke rekening suatu gereja/yayasan/panti. tapi kok, rasanya kurang bermakna dan berkesan?
Akhirnya kita memutuskan : Kita beli susu+biskuit aja yuk buat anak jalanan!

Opkors ya, membagi2 hal kayak gitu direct ke anak jalanan bukan hal yang mudah, banyak banget ketakutan2 gue ketika mempersiapkannya.
walaupun jumlah paketan yg gue kasih gak banyak tapi gue harus memperhatikan dan menjaga banyak hal, dikarenakan, hari gini dijakarta, mau niat baik bisa jadi boomerang bok! mana di jalanan itu anak2 yang berkeliaran bukan sekedar anak2 doang, tapi ada preman nya...gimana coba klo gw pas lagi ngasih gitu trs ada preman yang datengin?? or...tiba2 jumlah mereka menjadi banyak datang menyerbu?
Bukan mau mikir negatif, tapi gw lagi bunting..amit2 jabang bayi klo terjadi yang aneh2.
Memang beberapa kali gw meng-arrange event2 sosial, tapi belom pernah yang namanya ke anak jalanan.
Jadi, setelah ditimbang2 untuk amannya gue akan bagikan paket nya dari mobil aja...paket gw kasih ke anak2 yang lagi kecrek2 ke arah mobil gw.. trus ketika gw ke mini market/ATM/sekitar mall ada anak kecil yang minta duit, gw kasihin aja. Lebih aman.

Apa isi paketnya?? gw gak isi banyak.. tapi yang pasti gw kasih susu, krn sehari2nya mereka berkeliaran di areal polusi tinggi, walaupun susu sekotak yang gue berikan takkan secara signifikan menambah gizi mereka, tapi at least sediki menambah nutrisi yang mungkin gak tiap hari mereka dapatkan.
Selain susu, gw juga kasih biskuat (yang mengandung susu), karena gue gak mau kasih biskuit2 yang mengandung MSG, sama aja boong kan??
Lalu, yang terakhir gw tambah oreo...ada kandungan susu nya juga :) ... temen gue ada yang saran untuk tambahin permen or semacam marshmellow, tapi gue pikir nanti klo malah jadi batuk gimana? Ah sudahlah, sepertinya begini aja udah cukup.
semua isi paketan gue, cukup di beli di makro.. karena di makro gue bisa beli bulk dan dengan harga retail, bukan karena pelit, tetapi selisih harga bisa dipakai juga kan untuk nambahin snack lain ;)
Tips dari pengalaman gue kali ini:
1. carilah spot/area yang aman untuk mendistribusikan sumbangan. usahakan memilih area yang dekat dengan keramaian, sering kita lewati atau bahkan dekat dengan pos kepolisian.
2. apabila kita membagikannya dari mobil, pastikan kita tidak mengganggu jalan dan membuat kemacetan lalu lintas.
3. packaging yang diberikan kepada anak jalanan hendaknya tidak menggunakan banyak atribut seperti kertas2, pita2 dll dikarenakan mereka yang mungkin dengan gampang membuang sampahnya sembarangan. Cukup dengan packaging simple, karena merekapun mungkin kurang memaknai hal2 dekorasi dan kita pun ikut menjaga lingkungan.
4. kandungan makanan sebaiknya tidak mengandung MSG dan terlalu banyak gula untuk menghindari anak2 menjadi batuk dan sakit leher.
5. perhatikan masa kadaluarsa makanan yang akan dibagikan, terutama apabila kita membeli snack tersebut dalam bentuk bulk.
6. apabila kita membagikan seluruh snack tidak dalam satu waktu sekaligus, pastikan sisa snack kita turunkan dari mobil saat diparkir di areal terbuka dan panas untuk menghindari kerusakan kualitas makanan.

So Pumpkin: Mommie & Daddy is teaching you to share what you have to others. I hope you can learn a good thing from this, and wishing you to be a good boy when you grow up. Sharing what you have will never make you broke, Ok pumpkin? *smoochies, baby!*

Oia, Bonnie, Eric and Pumpkin inside mau mengucapkan Selamat Natal 2011, Kiranya berkat Tuhan Yesus selalu beserta kita :)

7 comments:

  1. thanks sharingnya bon, bener2 natal dalam arti sesungguhnya yah, berbagi kasih :)
    tapi kok gak diceritain gimana lanjutnya, apakah berjalan lancar pembagian goodie nya? gak terjadi hal2 yang lu takutin itu kan?
    lu bagiin paketnya jadinya dimana aja? lampu merah yah?

    ReplyDelete
  2. bagi2 di jalanan emang kudu ati2. bukannya negative thinking tapi emang begitu kenyataannya bon.
    gua pernah ama temen gua bagi2 nasi bungkus. wuiii langsung dikerubutin lho. sampe serem. sampe akhirnya kita pergi, dikejar2 lho!! gile gak sih...

    tapi ya niat baik gak boleh diurungkan. yang penting emang harus hati2 dan nyari tempat yang aman kayak yang lu bilang. :)

    selamat natal ya!

    ReplyDelete
  3. Idenya bagus, sampe kepikiran yg mengandung susu & ngak ada msgnya.. thanks tipsnya siapa tau mau ngikutin idenya :) iya nih jadi pengen tau lanjutan bagi2 paketnya.

    Met natal & taon baru juga ya buat Bonnie & kel .. smoga lahirannya lancar & God Bless You..

    ReplyDelete
  4. Hi Bonnie, salam kenal ya. Di gereja, komisi muda, dari dulu sampe sekarang masih aktif jalanin ini. Kita namain aksi Christmas Carol. Jadi kita kumpulin uang dari masing2, dan hasilnya kita belanjain untuk beli beras, susu, sabun, handuk, bahkan kalo cukup bisa 1 paket KFC :)

    Biasanya setelah kebaktian natal tgl 24 malem, kita bagi kelompok dan jalan menuju daerah bagian kita. Karena malem, biasanya yg kita temukan gelandangan yg tidur dijalan, atau pemulung yg tidur didalem gerobak (bahkan 1 gerobak bisa sepasang suami istri. Can u imagine gerobak sempit begitu ternyt pas disamperin, ada 2 org di dalemnya).

    Memang agak riskan untuk bagi2 ini ke jalanan. Apalagi elu bagi pas siang2, waktu lg rame2nya. Kenapa kita ambil waktu malem, pertimbangannya jg untuk faktor keamanan. Jalanan udh ga terlalu rame, pengamen biasanya jam 9 ke atas udh jarang...kecuali kalo elu dtg ke statiun kereta api. Ternyt disitu banyak kumpulannya. Bisa diserbu.

    Anyway, seru ya bisa berbagi seperti itu. Keep the spirit of giving, bon. Gue sendiri sejak punya anak, belom pernah lg join pembagian langsung nih. Padahal kangen. Baca cerita elu, jadi kepengen join next year :)

    ReplyDelete
  5. Bon, Add gua di fb yah, cari aja selvi winoto nanti gua inbox ke fb elo.

    ReplyDelete
  6. @Pucca: Puji Tuhan mba viol, semua lancar sih...iya bener, jadinya di lampu2 merah gt tapi area yang cukup aman....'nti aku apdet deh cerita nya ya
    @Mas Arman: iya emg bener mas, kejadian ky gt sering terjadi kok, Thanks God sejauh ini gak kejadian sih..emg mesti ati2...Met Natal jg ya mas:)
    @Sena: Iya, seneng juga sen bisa share gitu...nti gue apdet ya ceritanya :)
    @Mba Tia: ya ampun bisa gitu ya, 1 gerobak isi 2 orang, kasian banget... iya nih, emg seru bisa berbagi, ayo mba tahun depan ikut berbagi di acara gerejanya! :)
    @Mba Selvi: Mba, dah aku add ya :D nti aku blogwalking ke rumah baruuu :D

    ReplyDelete
  7. huahh.. jadi inget lom kesampean buat ngerayain ultah di yayasan gitu, karena budget hihi! ngundang temen2 makan aja udah ga pernah ^^, mentok makan berdua ama si buled aja~

    happy nu yer yah! kapan lahirannya ?!

    ReplyDelete