Sunday, November 13, 2011

Wow...Pumpkin in 4D

Sebenernya waktu terakhir visit ke obgyn, kita cuma iseng2 berhadiah aja sih nanya ama bu obgyn kira2 klo mau 4D boleh pa engga, Eh! ternyata boleh *nyengir dari kuping kiri ke kuping kanan*..waktu bu obgyn bikin surat rujukan dia cuma tanya : mau ke yang mana nih? Jl. Kimia apa Moegni? trus eric bilang Jl. Kimia aja soalnya searah pulang ke rumah.
Without knowing, siapa si dokter yang di rujuk, without knowing berapa cost nya 4D, without knowing ternyata mendekati USGnya mental gak terlalu siap utk lihat semua kenyataan termasuk kalau2 ada yang tidak sesuai *amit2 jabang bayi, ketok meja*

Pas surat rujukan udah ditangan, gue baru liat ternyata surat tersebut ditujukan ke Dr. Bambang Karsono. Siapakah dia? browse punya browse...katanya, katanya yaaaa, dokter ini adalah dokter yang paling teliti membaca USG 4D dan menguasai alat 4D...paling ciamik lah di jakarta ini jo, secara katanya klo antri ama dia di YPK bisa daftar 1-2 bulan sbelumnya karena udah full...beuhh, dahsyat bener... tapi ternyata di klinik fetomaternal, Jl. Kimia, gw bisa dengan gampangnya dapet nomor :D ayo-ayo ibu2 hamil, pindah haluan ke fetomaternal daripada ngantri sembako..

beberapa hari menjelang appointment, gue cemas gundah gulana banget, klo bahasa gaulnya sekarang ya, Galau laaahhh...mimpi buruk berulang kali...stress membayangkan resiko terburuk nya klo dapet berita jelek.. hadeh pokoknya parno deh! sampai dengan hari H nya, gw sepagian deg2an sampe tangan terasa dingin bener...ngalah2in stress nya wedding day gw dahh.. @_@
ternyata ketika ketemu dokternya, orangnya gak ramah banget tapi juga gak sombong + jutek, yang pasti: You Got It Clear! mksudnya, dia mau jelasin ke kita dengan bahasa yang awam dan detail :)

Selama gue di USG ada beberapa hal yang gue dapet dari si dokter ini:
1. Lilitan tali pusat tidak bisa dipastikan. Saat ini tidak terlilit, bukan berarti 5 menit kedepan dia tidak terlilit. tetapi menurut pak dokter, kasus bayi yang meninggal atau terlilit parah itu sangat jarang terjadi. (padahal temen gue ada 2 orang yang kasus bayi kelilit tali pusat, yang satu bayinya meninggal, yang satu jadi terpaksa di c-sect padahal udah bukaan 6)..tapi ya gitu, kalo kata pak dokter itu semua tidak bisa di pastikan dan percuma untuk di khawatirkan.
2. Baby kick card, adalah sesuatu yang tidak perlu dilakukan. why? klo kata dokternya gini: "ibu emang gak ada kerjaan ya?"...Watdezzziiiigggg, bukan aye dok, itu loh ibu2 lain..bukan akuuuuwww...walaupun jujur, gw juga suka khawatir klo pumpkin mulai jarang gerak.. tapi menurut pak dokter: gerakan bayi itu cukup di cek 3x sehari yakni 1 jam setelah makan (makan pagi, siang, sore/malam). Mengenai pola gerakan bayi, menurut dokternya tidak ada pola. bayi bergerak sesuka hati, tidur juga sesuka hati, lama tidur bayi di perut juga tidak menentu, jadi kita tidak bisa mengandalkan kebiasaan bayi, walaupun bisa jadi acuan juga sih ya. Cuma, gw perhatikan makin kesini, si pumpkin juga suka2an dia klo gerak, kadang aktif pagi, kadang aktif malem..cuma, setelah gw coba saran pak dokter ternyata benar loh, 1 jam setelah makan bayi memang lebih banyak bergerak..jadi klo para bumil mulai merasa bayi gerakannya kurang, coba di pancing dengan makan..mudah2an si baby segera respon 1 jam setelah nya yaaaa :)
3. Perbedaan umur (week) bayi hitungan manual dan hitungan di mesin USG biasanya terjadi karena si ibu dulunya haid nya tidak teratur, contohnya gue: pas cek 4D ini si pumpkin mestinya udah masuk week 29 tapi di mesin USG nya pumpkin ada di week 27..menurut dokter sih itu karena gw pasti krn haidnya dulu gak teratur, dan emang bener dulu gw sering telat2 or sering kecepetan bahkan pernah nggak dapet :(

Puji Tuhan, kata pak dokter pumpkin semua nya sehat dan normal, sekarang pumpkin beratnya 1050gr..klo yang gue baca di http://www.babycenter.com/, untuk weeknya pumpkin ukuran berat pumpkin sangat sesuai, cuma gue berharapnya pumpkin juga segera menggembrot seperti emaknye, mungkin harus di boost dengan es krim niihh :D

Waktu awal2 alat USG di tempelkan di perut gw, gw dah ngarep lgsg liat mukenye, tapi ternyata dokter masih ngecekin jantung dulu, apakah serambi nya sudah terbelah 4, apakah ada kebocoran? ternyata tidak :)
lalu, dokter ngecekin lambungnya pumpkin, ukuran kepala, tulang belakang, alat kelamin dan air ketuban.. dan semuanya NORMAL dan SEHAT :)

Sedari pumpkin nemplok di rahim, gue selalu bilang "nak, idungnya jangan mekar kayak papah ya...kayak mama aja walau sama2 pesek tapi gak mekar, boros oksigen nak... trus, bibirnya jangan kayak mama ya, bibir mama jelek kayak bulan sabit...selalu dibilang orang lg bete padahal emang begini apa ada nya...jidatnya juga kayak papa aja, mama ni jidatnya nong2....kata orang2 mah jidat orang pinter tapi ternyata itu hanya menghibur aja"....dan jedeeerrrr pas di USG ternyata terjadi miskomunikasi pada baby pumpkin!!!
Jidat dan hidung tak terselamatkan! ada yang miskom iniiiiii...

selama USG, pumpkin garuk2 kepala terus, mungkin dia mau ngomong gini "kata mama kemaren jidatnya ikut mama apa papa sih? aku bingung...kayaknya ada yang salah nihhh...duuuh, bentar lagi aku kena omel deh sama mama :(" 
pas pertama kali diliatin muka nya, eric lgsg bilang gini "mirip kamu banget"....dengan kata lain: Jidat'eee... ora nahaaannn...wakakkakakk....apalagi idungnya, eriiiicc bangeddddddd!!
tapi gak apa2 ya nak, yang penting sehat dan sempurna, sisanya urusan belakangan Okkkeehh?

Januari semakin mendekat, renovasi rumah udah mulai 2 mingguan yang lalu, kamar pumpkin belom disiapin, tiap minggu kerjaannya ke mitra 10 dan muter2 toko bangunan lain..capek maaakkkk!!
tapi lucu nya, kok lebih semangat beli bahan bangunan ya drpd belanja perlengkapan bayi? nampaknya gue mulai belanja desember aja deh..biar nggak keburu napsu juga jadi beli yang gak perlu ;) *tabungan cekak abis buat renov*

the last but not least, thank you ya blogger friends yang sudah menyemangati waktu stress mau 4D, it means a lot fot me and pumpkin!!! *group hug*

7 comments:

  1. selamat bon pumpkin sehat sempurna, masalah miskom wajarlah.. nanti kemampuan lu berkomunikasi mungkin lebih membaik di pumpkin 2 hahaha..

    ReplyDelete
  2. Selamat yaa Bon... Semua yg u khawatirkan ga ada.. hihihi ikut begembiraaaa.. hehee

    ReplyDelete
  3. hahhaaaa lucu banget yah itu pumpkin terlihat jelas yah , trus dia garuk2 kepala terus abis bingung lu cerewet amat jgn kae ini/itu . ntar dia mikir kae tetangga aje wakakaaaa
    semoga smua sehat yah ! btw itu pumpkin boy or girl sih ?
    ohh iya postingan babak 1 ke Gili dah aku posting .. silahkan diintip heheeee sapa tau rindu lagi balik kesono .

    ReplyDelete
  4. congratzzzz sehat2 buat keduanya, dan lancar selama proses :)

    ReplyDelete
  5. Haha..lucu amat elo Bon, sampai ada miskom segala. Tapi gua mau kasih tahu, kadang gambaran USG4D dengan kenyataan bisa agak2 beda juga kok. Dulu gua juga pesimis lihat baby Denzel di dalam kok jidatnya segede lap bola, hidungnya pesek tyt pas lahir gak parah2 juga hahaha...

    ReplyDelete
  6. @Mba Viol: Hahaha, iya nih mudah2an di pumpkin edisi #2 lebih lancar komunikasinya..haha

    @Anonymous said: Thank youuu...iya nih, lega bener :D

    @Mba Veny: pumpkin nya cowok mba...wkwkwk, iya neee, mommie na baweeeell...wkwkwkw, jangan kayak tetangga dooonk, nanti di curgai eric..hahaha
    wah udah ada ya postingannya? Segera meluncuuurrr.... :D

    @Pitshu: Thank you Piiitt :)

    @Mba elisa: Wahhh, sungguh menghiburku mba..hahaha, mudah2an terjadi jg sama gue mba..jidatnya gak nong2 amat kayak di 4D nya haha...semoga pumpkin cute nya kayak denzel ya :D

    ReplyDelete
  7. salam kenal

    baca ini jadi pengen ke klinik Fetomaternal X)
    karena deket rumah

    minta doanya
    (calon baby 6weeks)

    ReplyDelete