Tuesday, August 2, 2011

Byebye First Trimester

Yudadabubbye buat trimester I...
Puji Tuhan, Puji Tuhan, Puji Tuhan... sekarang masuk week 14.
What i've been thru selama 3 bulan pertama??
- Toilet hugging session a.k.a muntah2, CROSSED!
- Ngidam, CROSSED!

lho trus 3 bulan pertama yang mengesankan itu terjadi apa aja?
- Mual, Iyes... tapi menyemangati diri sendiri dengan makan permen gulas lima biji sekali Hap, iya lima....or, the other way is, makan anggur satu pack (pack2an yang di stereofoam itu loh, yg dah dipaketin ama toko buah) mau di anggep lebay? silahkan! saya hanya menyelamatkan nasi-susu-sayur-telur yang udah dimakan untuk pumpkin dan menghindari diri dikuasai oleh permuntahan :)
- Ngantuk, SUPER! bisa di bilang pelor, nempel langsung molor... baru duduk di mobil... blek, Zzzz..sampe rumah duduk di sofa, blek, Zzzzz....dikantor lagi pipis di toilet...duduk, Zzzzz...pokoknya juara deh kebo nya!
- Monster Hap-Hap...makan apaaaaaaaaaa aja, mulai dari sayur sampai es krim... tapi daging berbentuk steak masih agak musuh.
- Gila Cheese!, padahal yah, sebelon hamil gua anti banget ama yg namanya keju...sekarang? bisa eces liat gambar makanan berkeju2x...*terlalu kamu pumpkin!*
- Males Dandan, ini mah ya... dari sebelon bunting jg begini...hahaha

bukannya sok pintar, tapi cuma mau kasih beberapa tips untuk bumil muda kayak gua
- jangan makan keburu napsu, kadang klo kebanyakan malah bikin sesak dan mual
- jangan mau ngikutin perasaan mual dan jadi males makan, kasihanilah si baby
- mengemil tiap 2 jam, ini saran dr dokter gue yang gue pikir oh em ji what will i be in a few months (gembul-gak-keruan) but its true! dikit2 jadi bukit..jadi perut kita gak kosong
- kurangi makan pedas *ngomong sama kaca*....tapi gue mau cerita, this is the reason of all my sickness during my 3 months, mencri2, dan maag... tapi gua gak bisa blame on the moms yang cm bisa makan pedes, coz gua jg begetchoo ;(

Tentang ke dokter minggu kemarin, jujur dari mulai antri gua tuh udah keringet dingin krn stress dan nahan pipis... karena last time gue ke obgyn gua pipis dan akibatnya bayinya susah keliatan! jadi katanya mami mieke, minum lah sebanyak2nya sebelom usg
lalu gua minum hampir 1 liter sebelom sampe RS, jadilah gua mau pee!! 2 nomor sebelum gw dipanggil gua dah gak tahan! akhirnya gua pee... dan gua buru2 beli mineral water yang botol dan gluk, gluk, gluk....gw paksain abis, then hasilnya? Pumpkin Mejeng dengan Jelas!

Pertanyaan2 yang bisa gua share adalah sbb:
+ Dok, kakak ku waktu hamil kemaren ada ACA sampe suntik terus 'mpe lahiran, Apakah ACA menurun?
- Tidak.
+ Dok, tapi aku takut... mungkin gak aku ACA? soalnya temen kantor aku yg lagi hamil jg ACA *mulai muka drama*
- Bu,jangan membandingkan dengan orang lain krn tiap orang itu beda
+ Dok, terakhir kan aku cek di week 10, tapi si baby dibilang di mesin week 8 kenapa sih dok kayak gitu?
- Bu,
+ Aku kan jadi Sutris dok, soalnya kan takutnya janin nya gak berkembang, karena temenku dulu ada yang gak berkembang...
- BU! udah deh kaga usah tanya lagi yang jelek2!ibu nih gak boleh loh hidup khawatir begitu, mesti ikhlas bu...

suasana hening dan gua jadi pengen pulang krn ketakutan diomelin....*yaeyalah bonnieeeee...sapa jg yang sabar denger keluhan lo*
akhirnya dokterpun nyuruh timbang dulu, berat gua sukses naik 3 kilo! means one kilo/month.. awas ya pumpkin klo mama gendut sendiriiiii!! *pok2 perut*
dan dokterpun memulai cek

- Bu, kita dengerin denyut dulu ya...
*kresek2*...(alat nya kayak radio bok, bunyi nya jg kayak dengerin radio AM.. berisik)... tapi ternyata denyut pun tak terdengar sodara2!
- Bu, ini mah banyakan gas nya, denyut nya gak kedengeran, USG yuk
+ (dalam hati: dok, dok... lu blon gua ceritain aja gua susah pup ampe 3 hr, jelas aja byk gas inihhhhh)
- Tuh bu, bayinya udah gerak2 tuh

*pumpkin lagi goyangin kepala kiri kanan*
+ Hiii dokter dia ngapain begitu
*dan tiba2 eric pun berlari masuk ke tempat USG langsung sibuk cekrak cekrek, trs si pumpkin ngangguk2 ampe selese usg*
+ Dok, Tulang punggungnya gimana gak apa2 kan?
- Tuh bu, liat ini tulang punggungnya, ini tangannya, ini kakinya
+ Dok, plasentanya dimana dok? soalnya aku baca2 yang placenta previa itu
- ini bu, plasentanya.. ada di samping, gak apa2. Udah ya bu, jangan ada pertanyaan lagi ya?

Gua suka banget deh sama obgyn gua, dia ini udah tau gua model setresan, jadi klo gua tanya yang jelek2 yang keknya gak perlu gua khawatirin dia gak mau lanjutin omongan..hahahahahahah!
bagus dok, jadi gua tau mana yang perlu gua pikir kan mana yang tidak.

Trus, have i told you? eric maksa gua minum susu 1 liter sehari jadilah gua sidangkan perkara ini sama dokter
+ Dok, aku kan udah minum susu segelas pagi segelas malem, udah cukup belon?
- Oh, itu mah udah bagus bu, udah cukup segitu
+ DOOOK, ini loohhh si eric.. masa suruh aku minum 1 lt sehari?? tolong dooookkk aku sengsaraaaaaa
- Ya ampun paaaaaaakkk, itu mah berlebihan! kasian ini si ibu,.. jangan dipaksa pakk
*eric merengut cembetut acemmm*

lagi sih dia aneh, masa gara2 dia baca bahwa medical journal bilang klo ibu hamil itu butuh 4 gls susu perhari trs gua dipaksa gitu jg, trs gua bilang "itukan buat berat badannya cewek2 bule, nah gua bantet gini lu suruh 4 gls, makin mblunder ada jugaaaa"
rasain si eric, awas aja dia maksa2 gua minum 1 lt lagi... arrrrrr!

trus pas udah mau plg, gua tanya lagi
+ Dok, misalkan nih yaaaaaaaaa... *dengan mata merayu*, aku bisa normal tapi aku pengen c-sect gimana
- Bu, ibu ini bisa normal loh... emg kenapa bu mau caesar?
+ TAKOOOOOT DOOOOKKKKK... AKU HORORRRR BaNGET LIAT ACARA NATGEO YANG WAKTU ADA CERITA TTG KEHAMILAN DAN LIAT PAS ORANG NORMAL MAK-KREEEKK GITU ROBEEEKK
- *si dokter nahan ketawa*, bu.. gak se-serem begitu lagi...gini bu, saya ini ada pengalaman, pasien saya dulu pengen c-sect dari awal tapi ama ibu nya kaga boleh..dia di suruh normal, pas hari H...si ibu itu kaga mau ngeden, udah saya suruh ngeden malah ngeliatin saya balik...gak mau usaha sama sekali, sampe akhirnya itu bayi mesti di vakum.

udah lahir nih bu, untung anaknya sehat..seminggu itu dia ngeluh2 terus katanya tangannya patah, kakinya patah begini begitu.. psikisnya rusak bu.
jadi saya sih bu, terserah aja.. coba pikirkan lagi, kan masih lama..cuma saya bilangin nih bu, ibu ini bisa loh normal.
eeaaaa, pake di ingetin lagi sih terakhirnya!!!!

sbnernya mami nya eric + boss gua beserta istrinya sangat menentang rencana gua yang mau c-sect. padahal emak gua udah terserah aja ama gua mana yang nyaman
gue tau baik lahir normal or c-sect masing2 punya resiko, tapi gua gak sanggup membayangkan lahiran normal.. perut gua lgsg kenceng klo inget2 itu ;(
mana klo gua normal itu perkiraan bayi lahir 25 januari, klo maju trs lahir pas sincia, mati lah gua... secara si dokter pasti cuti buat imlek-an....dan gua no way joseee yaaaa lahiran ama dokter laen apalagi normal, hedeeehhh horroorr ;(

*Note:
Obat yang diresepin cuma folamil + mulai dikasih cavit (kalsium), 3 bln pertama enggak.. dan sekarang duphaston (penguat) udah di stop, YAY!

11 comments:

  1. haha.. dokternya sampe pusing lu tanya yang jelek2 mulu ya.. rilex lah bon, baby pumpkin kan kuat udah diajak ke bali segala, jadi pasti dia tumbuh sehat, don't think too much ok :)

    ReplyDelete
  2. @mba viol: iya nih mba, gua mesti ngurangin stress...gimana yak caranya ~_~ ..amin mba, mudah2an baby pumpkin kuat dan sehat ampe lahir :) thank you ya mbaaa....

    ReplyDelete
  3. hai Bonnie :) salam kenal ya..
    wah samaan nih kita hamilnya. aku edd nya tanggal 26 January 2012 :)
    btw, pengalamanku c-section nih (udah 2 kali), huhuhu... sengsara belakangan :( recovery nya itu lho... :( btw, mudah2an lancar2 aja ya, jangan stress2 soal melahirkan :) semangat ! hehehe...

    ReplyDelete
  4. bonnie dah lewat trimester horor ya? congratz. trimester 2 enak banget! makan apapun hajaar. hahaa..
    ih dokterlo sama banget ma dokter gw. gw sampai nanya jantungnya ada yang bocor apa ga, si dokter malah ketawa. hauhahahaa

    ReplyDelete
  5. Haaii Bonnie, salam kenall.. hihihi cerita kmu lucu banget yaa, trus update perkembangan baby yaa. Trs jgn terlalu banyak pikiran bon, santai. Selalu pikir, babyku sehat, sempurna, normal, baby ku kuaat.. hehehe
    Aku lg hamil ke 2 nih eddnya 26desember, huahua aku ngeri dokter cuti mo natalan..

    ReplyDelete
  6. he he ceritanya lucu.. dokternya juga kayanya sabar .. wajar ya anak pertama stress tapi jgn keterusan tar ngaruh ke baby pumpkin. Nikmati aja, byk berdoa & iya berpikiran positif. Thanks Bon buat tips nya berguna, sharing terus ya..

    ReplyDelete
  7. @Mba Lisa: salam kenal juga, whahaha.. edd nya samaan ya ;)iya beberapa tmn ku juga suffering recovery dr c-sect nya, brarti sama aja ya.. ho'oh nih berusaha ngurangin stress, takut anaknya ikut stress ~_~

    @Shinta: hahaha, untung gua gak muntah2 shin.. cm takut waktu flek2 itu, iya kita kan suka nanya2 parno gt ya, untung gak ketemu dokter yg parno-an juga, bisa bubaarrr hahaha..lo udah gak lama lg ya shin? enak bgt dehhh..sehat2 ya bumil :)

    @Anonymous: hallo! salam kenal juga :) wahhh... bayi2 kita lahirannya pas festive months gitu ya, hahaha... mudah2an pas lahir dokternya blom cuti ya say, lebih enak kan klo ama dokter sendiri, lancar2 ya sampe due-nya ;)

    @Sena: Dokter gua udah mpet kali sen, hahahaha...iya nih, lg banyak2in doa dan berpasrah, cos klo udah mulai inget ttg lahiran perutnya lgsg kenceng, kasian si pumpkin ~_~

    ReplyDelete
  8. hihi.. bon..
    semangat terus yaaa.. dan keep positive thinking. gue yg pengen normal aja malah SC, huhuhu.. SC juga sakit tauk (malah nakut2in) huahuahuhua..

    ReplyDelete
  9. aaaakkhh erikaaa... gmn nih yg lg sibuk dgn new baby born-nya? iya bu gw kaget baca postingan lo wkt itu, duuhhh bener2 mesti byk doa ya gw :(

    ReplyDelete
  10. bonnieee...gue ga bisa komen2 nih di kantor payah...hahahaha...iya udah nyante2 aja bon *komen sotoy*...huhuhu..senang ya bisa shio naga anaknya... take care ya bon....

    ReplyDelete
  11. @Lydia: hahaha, gua benernya sih apa aja kok shio nya, malah katanya klo shio naga nanti anaknya galak.. ahhhh yaudahlah yg penting sehat aja..hahaha

    ReplyDelete