Tuesday, May 24, 2011

Hongkong: transport, makan dan akomodasi

MTR


hongkong punya banyak alat transportasi, yang gue liat selama di sana ada: MTR, bus, taxi, star ferry..dari tiga pilihan tsb, yang paling mudah utk diakses adalah MTR.
dari airport menuju ke down town, kita bisa pilih between 3 itu..kalau mau naik MTR, di airport ada tempat cust. service untuk membeli kartu-nya, ada juga mesinnya klo mau beli langsung.
banyak yang suggest utk beli octopus card untuk yang stay beberapa hari, tapi ada juga pilihan one way trip ticket untuk sekali jalan.
mesin untuk beli kartu sgt memudahkan pembeli, krn mesin ini menerima uang kertas dan koin tapi khusus yang di airport gua hanya liat mesin yg untuk uang kertas.
sebelum beli tiket pastikan lo udah baca petanya, jadi tau mau stop dimana...
pastikan kartu MTR lo gak ilang, krn kartu ini bisa di refund ketika kita udah mau pulang balik ke indo, dan kartu ini juga berlaku klo kita mau beli makan di tempat kayak 7eleven dll..berguna bgt ga sih?

Star Ferry

khusus star ferry, ini bisa diakses di pear di kowloon, waktu itu gue naiknya dari hongkong island ke kowloon, karena mau ke avenue of the star :)
beli tiketnya juga mudah, tinggal beli pakai koin.
menurut gua, star ferry ini must try item, krn star ferry adl heritage-nya Hk dan klo gua gk salah udah 100th umurnya.
inside the ferry
karena ujan, maka pakai tirai plastik pinggirnya
BUS


untuk bus di Hk, sebenernya agak sulit karena tiap bus gak berhenti ditiap halte, jadi kita juga mesti tau bus kita berhenti di halte apa, begitu juga klo mau naek bus..kita mesti baca papan schedule nya supaya tau mesti nunggu di halte yg mana.
kesulitan untuk naik bus-nya adalah: mesti persiapan koinan, dan sopir di Hk jarang ada yg mau njawab pertanyaan kita, jadi..klo bisa kita emg selalu pegang map.

Taxi

sewaktu di Hk gua gak ada naik taksi sama sekali, karena gua ngerasa semua daerah yg gua tuju lebih murah dan lebih asik kalo naik bus & MTR, plus gua takut nyasar klo naik taxi krn ngeri sopirnya gak bisa bhs ingg...secara pak polisi disana juga gak lancar bhs ingg..
jadi dr pada nanti gua muter2 ga jelas jadi lebih baik gua naik yg gampang aja :D

Makan di Hongkong



Jujur, this is the hardest part untuk gua, krn gua gak bs makan babi, bukan nya gua norak..tapi tiap makan ba, gak lama gua jadi mual..entahlah, keknya gak cocok ama perut gua ~_~ klo laki gua mah girang, dia serasa di surga selama di Hk...
gmn ga? sampe soup pun kan disana pake Ba...jadi rempong la buat gua...tapi jgn kawatir, McD tersebar dimana2, sayangnya mereka gak ada sambal, klo pun ada...gak ada rasanya.
Maybe next time, gua mesti bawa sachet-an utk sambel :D
di Hk, untuk makan sebenernya lebih murah makan di pinggiran...minus nya: menu di makanan warung, gak ada bhs ingg nya, semua bahasa cina...so, kita liat gambarnya aja, trus pilih deh yang bentuknya paling menarik...hahaha
untung nya wkt gua disana kebetulan sesama pembeli makan ada yg bisa bhs inggris dan mungkin liat kita muka dodol gt, jadi mereka bantu kasih tau menu nya, krn jangan harep deh tukang jualannya mau jelasin ttg makanan di menu *elap keringet*
makan di warung-an, juga harus siap sharing...alias, kita makan semeja sama org yg kita gak kenal...dan org lokal disana klo makan suka nyiprat2...but, disitulah fun nya makan di warung-an :D
untuk street food, gua sempet ketagihan..! tapi bukan untuk makanan yang aneh2 kayak binatang2 gk jelas..tp bakso ikan-nya, nagiihhh banget!...enak dan lumayan murah!!

Hotel di Hk

selama browsing2 untuk trip ke Hk ini, gua tuh terbatas dlm waktu bgt..tadinya pengen banget sih nyoba hostel2 gt, tapi gua gak sampe nemu'in yang Ok..katanya sih ada yang pemiliknya org indonesia tapi gua gak dapet detilnya.
Untuk hotel di Hk, jarang bgt ada yang harga gopek-an tapi se bagus hotel gopek-an disini.
akhirnya gua stay di WMCA, ini tuh mirip sama YMCA tapi sayangnya YMCA di Hk udah berubah utk komersil, jadi harganya lebih tinggi jauh.
WMCA ini adalah hotel yang didirin dr tahun 60-an klo nggak salah, dan di maintain sama mahasiswi2 gt.
Hotel ini bener2 budgeted hotel, sesuai dengan umurnya jadi dont expect penampilannya seperti hotel berbintang..koridornya pun udah berwarna kuning krn umur...tapi bicara kamar, kamar ini sungguh terawat walaupun tetep kelihatan hotel tua.
semua serba standard, TV pun bukan TV flat, tempat tidur juga bukan latex, kamar mandi pun gak bath tub...kamar mandi hanya shower, toilet dan wastafel.sekian.
tapi bener2 bersih! gua sih satisfied bgt, secara juga gak pernah stay dikamar ini lama kecuali utk tidur aja, so...if i have another chance to go to HK lagi, i absolutely will stay again at WMCA :)
                             






WMCA yang gedung biru :)

13 comments:

  1. Hai Bonnie...
    Salam kenal.. Kebetulan aku lg cari hotel di hongkong, ak search WMCA tp koq gak ada ya, ada yang gedung nya warna biru itu namanya The Anne Black YWCA.. Bener ga ya yang itu?
    Dapet rate brp kmrn pergi?
    Thanks
    -Icha-

    ReplyDelete
  2. kek na MRT dan BUS na ga jauh beda dengan di Sing yah! temen g yg pernah ke HK jg bilang jgn pernah naik taxi, kecuali kita bisa bahasa canton, atau tau arah, krn tukang taxi disana suka ada yang isenk juga :)
    huahhh jadi pengen ke HK kekekek :)

    ReplyDelete
  3. Bon , kalo beli kartu MTR beli yg Octopus Card, g pny udah lama , selalu g top up aja kalo kesana . jadi ga repot mau naek Bus, MTR , StarFerry pake Octopus aja , gt juga mau mkn di Mc D or belanja di 7 Eleven .
    kalo ga ada Octopus ember repot musti sedia receh kl naek bus , mana kita ga apal nilai2 coin nya hahaaa , jd lama n supir pasang muka jutek kan .
    g suka naek city flyer dr Bandara ke tengah kota juga pk Octopus Card enak jadinya , lo mau anek Train juga pk Octopus . bisa di refund juga
    soal mkn ember yg br pertama ke HK bisa kae neraka , dulu wkt g pertama kesana jg gt
    skrg krn uda brp kali kesana lidah g udah accept makanan disana apalagi mkn an pinggir jalan kae baso kari , gorengan dll , sipp ya hahaa

    ReplyDelete
  4. Wah... gga tau deh kapan yah bisa ke HongKong lagi. Udah kejauhan deh dari sini.

    ReplyDelete
  5. @icha:Betul cha, itu yang black Anne WMCA, waktu itu gua beli via agoda dapet rate 520rb/night/nett...'met jalan2 yaaa!
    @Pitshu: iya, pit...ngeri naek taxi, takut sopirnya gak bs komunikasi, apalagi di macau..D'oh! bener2x deh..
    @mba veny:iya mba, kmrn gua jg beli octopus trus top up2x gt...emberan mba, itu sopir2 muke nye asem semua, gua nanya kaga dijawab dehhhh!!hahaha..klo gua wkt kmrn dr airport naik airport express mba, sama ga sama cityf flyer?beda ya?...
    @mba syl: gua doain deh mba, one day bisa main ke Hk lagi, shopppppiiinggg :)

    ReplyDelete
  6. BOn City Flyer = Bus Damri jadi servicenya bandara ke tengah2 kota . bny jurusan nya . ampir smua melintas di jalan2 utama n htl2 di jalan utama .
    jauh lbh murah dr pd naek Train Bon . mayan lah saving jd nya .
    Ember g malah kangen dijutekin org HK skrg hahahaa
    g perna nemu supir taxi org JKt wkwkwkkk
    baek bgt loh krn kita setanah air yah .

    ReplyDelete
  7. ternyata itu gambar yg di bagian star ferry itu tempat bayar buat naek kapal toh...kalo bayar pake uang kertas bisa ga? trus kalo mo bayar pake octopus tempatnya di mesin itu juga / deket pintu pas mo naik kapal ?

    ReplyDelete
  8. @Dhika: bayar nya mesti coin setau gua, tapi klo ternyata ada mesin laen di daerah itu yang gua gak liat kurang tau jg ya... yang gua pake itu mesin yang persis udah mau ke tangga kapalnya..

    ReplyDelete
  9. halo, aku mau tanya kebetulan des besok aku mau kesana, kalo octopus itu misalnya pas kita mau pulang ga sempet refund dia bisa gak sih dipake lagi misal kalo tahun depan kita mau kesana lagi?? modelnya kek Ezlink-nya SG gt?

    trus kalo mau naik star ferry ini tinggal di tap aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh btw ini Bonnie anak Tarki bukan sih?? temennya Rahel dan Patricia Eman?? baru ngeh pas liat fotonya.. :))

      Delete
    2. Hahahaha! siapa ini??? iya.. gw tmn nya rahel & patty and yes, tarki...hihihi siapakah si gadis rakus inii??
      ttg kartu octopus, iya bisa di dipake lagi sama kayak kartu di Sg... klo untuk star ferry, wkt itu gw cuma nemu mesin untuk bayar cash, gak nemu mesin utk nge tap octopus :D

      Delete
    3. gw Rahma, dulu sekelas sama Rahel dan Patty. pokoknya yang itulah hehehe :D

      Delete
    4. Qiqiqiq...of course i know you ma! pan kita pren di FB juga :D

      Delete