Wednesday, December 8, 2010

Yayasan

Hi All..gila ya gak berasa 23 hari menuju 2011.. gue inget percakapan gue sama si uraw desember tahun lalu..


Uraw:"bon,lu tau gak...katanya tahun depan tuh tahun percepatan"
gue: "maksudnya?"
Uraw:"maksudnya, Tuhan akan mempercepat waktu sampai manusia sendiri gak sadar gitu"


saat itu, gue sebagai manusia jarang gereja ngedengernya cuma selewat doang, secara tahun lalu...desember, gue lagi keriting2nya ngurusin kawinan....dan sekarang, udah desember lagi...Hieks! emang ya, ternyata tahun ini berjalan sangat cepat (buat gue terutama)...gak kerasa semua udah berlalu, umur gue udah berkurang, berat badan meningkat pesat, so many things happen...dan gak kerasa udah mau natal lagi...


buat yang mau ngadain acara amal di yayasan, gue mau share informasi yayasan yang pernah kita kunjungin yang mungkin bisa membantu temen2 blogger yang lain yg lagi cari info ya...di kantor gue kebetulan yang kristen/katolik tuh cuma 10% jadi kita kalo mau ngadain acara paskah atau natal tuh ngumpulin dana nya mesti dari jauh2 hari, kalo engga dapetnya bener2 mengenaskan...tahun lalu kita dapet subsidi dari kantor, tapi tahun ini kayaknya engga...jadi bener2 mesti bergiat...

FYI, sebenarnya di jakarta tuh banyak banget yayasan panti asuhan atau anak cacat...kebetulan kita udah berkesempatan ke 3 yayasan...

1. Yayasan si boncel
Yayasan ini tuh well known banget kan...akses nya juga gak terlalu sulit...disini range umurnya dari bayi sampe umur SD-an gitu, karena klo udah agak besar mereka dipisah berdasarkan gender,ke Vincentius dan desa putra.
Kalau kesini sebaiknya tanya susternya/sekretariatnya, anak2 nya lagi pada batuk apa engga..karena kadang kan kita suka main kasih coklat/permen tapi sebenernya nanti kasihan mereka jadi pada sakit...
biasanya disini kebutuhannya lebih kepada pampers dan susu karena anak2nya kan masih pada kecil2...tapi sembako dan lainnya juga tetep perlu...dulu waktu ngobrol2 sama suster disana, katanya pemerintah memang kasih subsidi tapi cuma sekitar Rp.2000 per anak per hari...Cuyyyy, dapet ape dua rebu sehari? walaupun si boncel ini seperti sudah banyak donatur tetap nya tapi anak2 ini sungguh adorable banget deh, mereka menyambut pengunjung dan cuddling ke kita gitu, aduh pengen gue bawa pulang sepuluh anak rasanya, hihihi..
Anak2 ini sebenernya punya ayah dan ibu,mereka di taruh di yayasan ini dgn berbagai alasan: kekerasan rumah tangga, masalah ekonomi, hamil diluar nikah dll... katanya tahun2 awal mereka masih mengunjungi tapi lama kelamaan mereka gak dateng lagi, kalau di samperin ke rumahnya taunya udah pada pindah, tapi mostly sih mereka punya orang tua...
yayasan ini juga tempatnya nyaman untuk dikunjungi, parkiran ada, akses gampang, ada taman bermain di dalamnya trus kalau yang mau bikin acara ulang tahun atau acara bermain juga ada ruangannya.
Pondok Si Boncel
Jl Desa Putera No 5 RT 01/06
Srengseng sawah Pasar Minggu
Jakarta 12640
Telepon 7271014
 2.Yayasan Sinar Pelangi
Yayasan ini, waktu gue survey naik motor ama temen gue, asliiiii...dari jakarta selatan kesana bikin pantat gue semutan TT_TT jauh boneng! tapi kalo pake mobil gak terlalu jauh krn bisa tol, cuma emang akses setelah tolnya..minta tolong deh pemerintah bekasi, jalanannya serasa off road!

Yayasan ini di pimpin oleh kesusteran, pengalaman gue ke yayasan ini unik banget, pertama ya gue tuh dulu takut karena katanya suster kepalanya galak TT_TT tapi kita tetep pengen kesana karen misi yayasan ini sangat mulia, yayasan ini membantu siapa saja (catet ya bo: siapa saja!) yang menderita cacat dan perlu operasi...jadi yayasan ini bekerja sama dengan beberapa rumah sakit salah satunya St. Carolus, jadi para dokter mau melakukan operasi dengan bayaran setelahnya, nah setelah operasi si yayasan pelangi kasih ini lah yang wara wiri cari dana.


Disana mereka punya lahan kebun, mereka jual hasilnya dan memakai hasil kebun untuk kebutuhan sehari2, mereka juga membuat lilin dan kerajinan tangan untuk dijual seperti mainan kayu dan jahit2an...
buat yang mau adain acara, mereka punya aula dan perlengkapan, jadi no worries...


seperti sudah gue ceritakan bahwa dia menerima siapa saja, jadi bisa dateng orang dari antah barantah, luar kota, pedesaan datang kesini minta dioperasi, tanpa memandang ras, agama dan apapun lainnya.
di yayasan ini juga ada yang tinggal...mulai anak bayi sampai ibu2..mereka juga membuka lapangan kerja bagi penduduk sekitar yayasan, bahkan kesusteran membangun mushola di dalam areal gereja...beberapa tahun yang lalu, kesusteran ini pernah dibakar oleh penduduk di daerah itu karena dianggap ingin mengkristenisasi, tapi hal itu tidak menyurutkan mereka dalam melayani..sampai sekarang mereka masih terus melanjutkan pelayanan kesehatan dan panti asuhan..bravo sisters!!
Yayasan Sinar Pelangi Jatibening
Jl Kemangsari II no.39, RT 001/011
Kel. Jatibening Baru, Kec. Pondok Gede 17412, Bekasi,Jawa Barat
Telp: (021) 8482279 ; Fax (021) 84991551.


3.Yayasan Mekar Lestari
Yayasan ini lokasinya ada di BSD, aksesnya gampang: TOL..hehe, tapi nyari jalan dalemnya sedikit sulit karena dia bentuknya beneran rumah dalam perumahan jadi gak gampang untuk di indetifikasi :P
yayasan panti asuhan ini juga sudah cukup mapan, banyak orang ambil baby disini karena anaknya bersih2 dan cantik2 :)
yayasan ini juga dipengang oleh kesusteran...anak2 disini tapi tidak terlalu bisa diajak bermain, mungkin karena terlalu mandiri kali ya, jadi mereka biasa asik bermain sendiri :(
dan buat yang mau adain acara ulang tahun dll mereka juga punya tempat, cumaaaaa....pastikan jam nya, karena mereka punya jadwal yang cukup ketat untuk anak2...

Yayasan Mekar Lestari
Jl. commercial III Blok B1 No.1-1A, Rawa Buntu Utara, Sektor 1.5
BSD, Tangerang 15330
Telepon: 021. 5315 3088 Fax 021. 5315 3089

Nah, natal kali ini rencana nya kita mau ngunjungin Yayasan Lumba-Lumba, yang sekarang udah berganti nama jadi Atma Brata, tapi tetap masih dalam naungan gereja Jawa Cilincing. Yayasan Lumba-lumba ini memberikan pelayanan sekolah non formal kepada anak2 nelayan..mereka bersekolah setiap senin - jumat.


sekolah non formal ini berada di bawah bimbingan Bruder Petrus...minggu lalu gue udah telpon si bruder, katanya sih klo sabtu minggu anak2 gak sekolah cuma kalo pada mau dikumpulin sih bisa aja, bantuan yang diperlukan adalah semacam alat tulis dan peralatan sekolah, setiap memulai kelas biasanya semangat anak2 dipacu dengan tambahan nutrisi seperti kacang hijau atau susu atau roti kering (baggle kali ya maksudnya) Nahhh, kalau ada yang berniat untuk ke yayasan ini bisa ke bruder Petrus langsung di 021.441 6077 dengan alamat Jl. Kelapa 2 No.42, Cilincing


Rencananya, anak2 kantor mau visit kesana tgl 19 Desember, nanti klo udah darisana gue review disini ya, biar kalo mau kesana ada gambarannya ;)

10 comments:

  1. apaan sih bon tahun percepatan? denger dari manaaaaaa??? *langsung jiper*

    ReplyDelete
  2. kantor gua juga tiap taon ada pengumpulan dana natal, tapi ada yang ngurusin, dan gua gak taunya cuma pas diedarin sumbangan aja hehe..
    tyt banyak banget ya panti2 dimana2,gua suka sedih lo liatnya..

    ReplyDelete
  3. @Lydia: temen gue suka ada kebaktian tutup tahun gitu di gereja nya,nah biasanya tiap akhir tahun ada kayak penglihatan...eniwei tahun percepatannya itu buat 2010 kok, jadi udah lewat...katanya sihh tahun depan itu tahun pelipatgandaan..asikk berkat berlipattt (*v*)
    gue jg gak tau bener pa engga tapi yg paling bener kali ya idup bener yak lyd? hehehe

    @Mba Viol:iya emg apalagi klo mereka udah nemplok kayak perangko, pas mau pulang langsung gak tegaaaaa...hiksss!! TT_TT
    ikut ngurusin sekali2 mba, seru loh ngurusin kayak gituan :D

    ReplyDelete
  4. huahh.. g lom pernah ikuta mengunjungi yayasan2an gitu, nyumbang pernah, cuma begitu hari H ada aja halangannya hahaha :) pengen mengunjungi sesekali ^^

    ReplyDelete
  5. amiinnnn!! yang bagus2 aje ye bon...hehehe...lo natalan di paskalis ga bon?

    ReplyDelete
  6. @Pitshu:asyik tau pit, kadang jadi lebih bisa mensyukuri apa yg dipunya klo abis dari sana :D
    @Lydia: kayaknya di paskalis lyd, lo gereja malem natal apa tgl 25 nya?

    ReplyDelete
  7. Ditunggu postingnya tentang trip nya ke yayasan atma brata, karna kita jg berencana untuk kesana. :)

    ReplyDelete
  8. Ok, lagi compress foto2 nya nih...sabar ya :)

    ReplyDelete
  9. salam kenal. dulu waktu SMP (9 / 10 th lalu), saya sering mengunjungi tempat penitipan anak di belakang sekolah saya; SMP Santa Ursula BSD. tapi katanya sekarang sudah pindah, dan saya ga tau pindah kemana.
    setelah googling, ko rasanya yayasan mekar lestari yg saya maksud. benarkah alamat yayasan mekar lestari yg sekarang ini adl alamat baru? apakah dulunya di belakang st. ursula? kl benar, berarti memang mekar lestari yg saya maksud.
    btw, Jl. commercial III Blok B1 No.1-1A, Rawa Buntu Utara, Sektor 1.5, itu dimana ya kl patokannya dr pasar modern atau itc bsd??
    saya kangen sekali berkunjung.
    mohon infonya ya. terima kasih.
    naftalia_sarah@yahoo.co.id

    ReplyDelete