Tuesday, December 21, 2010

Yayasan Lumba-lumba a.k.a Atmabrata

Hallo...benernya blom selese donlot foto dari memory card tapi ternyata udah ada yang perlu info nya, jadi foto nya se-adanya dulu yahhh...

Hari minggu kemaren tgl 19/12/10 akhirnya kita jalan juga ke atmabrata...jujur natal kali ini tuh dana nya limited edition banget, soalnya pengumpulan dana nya waktu nya tight banget, trus on the D-day banyak yang gak bisa dateng pulak...
tapi sumbangan terbantu banget dengan adanya temen2 yang menyumbang bentuk jadi seperti susu, kacang ijo dan alat tulis...

Dulu, jaman SMA gue tuh pernah live-in di cilincing...tapi asli gue lupa dimana posisi pastinya, jadi kemaren tuh bener2 meraba2 banget posisi TKP nya..

Yayasan ini punya 3 rumah:
1) yang satu ini tempat belajarnya anak SD, plus jadi rumah tinggal si bruder
2) sekolah TK
3) tempat pengolahan limbah plastik
dan tiga tempat ini semua lokasinya berjauhan walaupun gak jauh2 banget tapi perlu kendaraan...
Jadi gue tuh pertama dateng ke tempat yang SD, karena janjian ketemu bruder dulu..taunya di SD lagi ada acara sosial juga..Si Bruder Petrus tuh salah tulis, orang per teleponnya gue bilang jem 9 et deh, di papan tulisnya dibuat jem 10....akhirnya mundur sampe sekitar 9.30 nunggu dia lowong baru deh kita jalan ke tempat anak TK nya...

Dari awal gue tuh dah bilang sama beliau, gue gak ada persiapan acara karena participant dari kita cuma <10 orang...mau nya tadinya tuh cuma nge drop materil aja, tapi dia insist kita untuk share langsung ke anak2...akhirnya si bruder deh tuh jadi pembawa acara nya..hahaha, sorry ya bruder...

Sampai di lokasi TK, kita masuknya mesti ngelewatin rumah2 orang, berikut keadaan di area rumah belajar:
Air lautnya lagi pasang, sampah2 udah makin naik hampir sama dengan jalan..
ini rumah2 keluarga disana, kurang lebih 700m dari tempat belajar adalah lokalisasi tempat "hiburan", jadi banyak kafe bedeng2 yang gak berjendela *sigh*

Total KK yang terdaftar di area belajar TK kalo gue gak salah inget ada dua ratusan KK..agama nya campur2, tapi mayoritas tetap muslim... pembangunan tempat belajar ini katanya sempat bermasalah, sudah mau naik atap taunya di demo karena dikira mau bikin gereja..perlu beberapa tahun untuk mengurus izin nya dan membuka segel-an nya..tapi akhirnya masyarakat terbuka dan sangat menyambut baik adanya sekolah ini..

Total anak TK yang belajar disini sekitar 60an anak, mereka hanya di pungut Rp.4000,- perbulan dengan pembagian Rp.2.000,- untuk operasional sekolah dan Rp.2.000,- untuk dana sosial (sumbangan keluarga yang sakit atau sedang duka cita).
Anak TK punya dua guru, masing2 guru di gaji Rp.20.000...mereka belajar dari senin - jumat di pagi hari, siangnya kelas ini terbuka sebagai taman bacaan.
Anak TK disini pinter2 loh, asli...gue gak bohong, sebagai anak TK mereka tuh udah bisa baca, tulis, mengeja lancar, nyanyi semangat banget ampe kuping gue pengang..tapi mereka tuh semangat juang nya tinggi...ponakan gue aja TK blon se lancar mereka...kata si bruder mereka ditanamkan semangat pemenang, walaupun mereka orang pinggiran mereka harus jadi orang nantinya, dan mereka hapal loh motto tersebut!
Seragam mereka ini berbeda2...bukan karena apa, tapi karena yang nyumbang beda ;P
jadi mereka seragamnya dapet dari sumbangan orang..tapi untuk seragam resmi nya ada 1 jenis, dan mereka dipungut Rp.30.000,- per anak.
anak2 ini semua punya orang tua, dengan pekerjaan mostly ya nelayan...tapi sungguh, gue bangga liat anak2 ini...mereka tuh kalau disuruh siapa berani ngeja tuh rebutan maju, gitu juga dengan baca dan nyanyi, jadi mereka tuh daya juang dan semangat belajarnya tuh bisa deh dikasih 10 jempol, hanya karena kemampuan dana yang membatasi pendidikan mereka.

ini, anak2 udah pada gak sabar banget mau nyanyi2...serius, kalo ada yang kesana pasti kaget denger suara mereka....kueeeenceeeng buangeeettt
ini dia....saat yang di tunggu2, nyanyiiiii!!!

Selain daripada itu, kalau ada anak yang sakit dan perlu operasi..yayasan ini juga mau membantu biaya operasi loh...kemaren katanya ada yang operasi hydrocephalus dan di bantu hampir sebagian besar biaya nya.

Bye-bye kiddos, doa'kan rezeki mempertemukan kita lagi yaaaaa :)

Setelah, mereka nyanyi....membaca, menulis maka saatnya kita berpisah...kita pun membagikan susu & alat tulis untuk anak2...gak lupa setiap anak mengucapkan terima kasih loh..hebat ya kesopanan nya..pintarnyaaaa :)

9 comments:

  1. salut deh bon :)

    gue tinggal di cilincing lho.
    lokasinya di mana sih?
    jadi gue bisa langsung kasih sumbangan ke sana.

    ReplyDelete
  2. @limmy: Oia? deket kali ya sama si bruder? dia tuh deket gereja jawa, masuk gang sebelah gereja jawa...alamat lengkapnya di Jl. Kelapa 2 No. 42, kalau mau langsung kesana bisa tapi janjian aja dulu sama si bruder petrus no.telp nya di 441.6077 atau 440 5740..happy sharing ;)

    ReplyDelete
  3. saluttt emang perlu di acungin jempol :)

    ReplyDelete
  4. emang orang yang hidupnya susah biasanya semangat juangnya lebih tinggi, semoga mereka tetep berjuang ya tidak patah semangat :)

    ReplyDelete
  5. boniiiiieee..lo sma dimanaaa?? kok pake ada live in...di sanur bukan??

    ReplyDelete
  6. @pitsu: ho'oh pit..gue juga salut ama mereka :)
    @pucca: mudah2an mereka bisa tamat SMA ya biar motto mereka tercapai :)
    @lydia: bukan lyd, gue di charitas..waktu itu live in nya bukan dr sekolah tapi dari gereja gue kerja sama dengan indofood gitu...hihi, emg lo sanur ya?

    ReplyDelete
  7. iya bon gue dari sanur,, dulu gue ga ada live in, yang ada angkatan di atas gue dan di bawah gue ke daerah2 di jawa tengah situ...dulu waktu sma cuma sempet ngajar2 gitu di tanjung priok, deket cilincing situ...seru yah...anak2nya antusiasmenya tinggi banget... jadi seneng banget pas ngajarin...dan mereka seneng banget kalo lo sampe bisa balik lagi kan..merasa banyak yang membutuhkan kalo kesana...dan ternyata banyak orang yang ga seberuntung kita...

    ReplyDelete
  8. Jadwal belajarnya hanya senin sampai jumat ya ?
    Hari sabtu dan minggu ga ada apa2 gitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Herlina... seingetku sih demikian ya, klo sabtu minggu biasanya diisi kegiatan kayak acara2 sosial orang yang visit...tapi lebih pastinya boleh tanya2 kok ke bruder lgsg :)

      Delete