Tuesday, November 30, 2010

Kemana aja kah gue?

Asli selama ini gue disini2 aja tapi sutris bin modar...
Masi inget kan kasus fluor albus gue? nih ye....kemaren siapa tuh yg nanya kabar fluor albus gue? nih gue ceritain...tapi bagi yang cowok atau yang ogah baca yang jorok2 yaudah klik close aja hakhakhak...
gue bikin disclaimer nih: cerita fluor albus ini bukan untuk membongkar aib gue (walaupun emang iya) tapi buat ilmu bagi semua yang baca, soalnya di search engine gue udah beberapa kali gue liat orang nyari ttg fluor albus...


Terakhir kan gue itu papsmear, katanya ada peradangan, trus ditemukan bakteri kokobasilus... trus gue dikasih deh tuh obat yang topikal (masuk) sama antibiotik buat 3 hari, di hari ketiga udah jreng bersih deh, giranglah hati gue...trus itukan pas gue ke bali tuh yang cruise-cruise-an...pulangnya taunya ada lagi, cape kan? gue balik lagi deh ke dokter...trus kata dokternya ya udah ganti obat, gue dikasih abotyl utk topikal nya sama antibiotik lagi....udeh nih, abis obat topikal nya abis kelihatannya sukses.. gak lama JEGERRR ada lagi, asli!! gue udah makin sutris...gue balik lagi deh, keliatannya dokternya juga jadi ikutan gemes...trs dia blg mending gue dikultur aja....saat itu ya, dia ngomong kultur gue juga kaga ngarti apa artinya, untung laki gue pernah dapet kuliah mikrobiologi (lu tuh bener nya lulusan apa sih pah?) jadi kultur itu pembiakan (klo kasus gue pembiakan sample fluor albus) trus abis itu di teliti jenis detil bakterinya dan di test dengan berbagai jenis antiobiotik guna menemukan antibiotik yang cocok dengan jenis bakter tsb.


Karena kokobasilus tuh jenis nya macem2...selama ini kan gue dikasih obat yang general semacem abotyl, metronidazole, sama canesten kaplet (aneh bgt ya obat yg dikasih obat sariawan ama obat panu..hahahaha sungguh nista nya gua)
setelah kultur (hasil nya mesti nunggu 10 hari dengan jantung kebat kebit gak konsen kerja gak konsen tidur) trus gue kedokter konsul hasil....gue ambil deh tuh  dari laboratorium sebelum masuk ruang dokter.. laki gue udah baca hasil lab nya trus dia ngomel2in gue karena bakteri yang di temukan tuh bakteri yang plisss dehh banget (gue gak mau sebut ah gua malu)....udah nih, gue konsul hasil kultur, dari hasil kultur itu kita bisa liat tuh, misal nih
dikasih penicilin dia (R) artinya resistance atau amoxicilin (s) artinya sensitif, nah jadi ketawan dia bisa di bunuh pake amoxicilin....dokter gue resepin dong yang sesuai hasil kulturnya (mana yang sensitif cuma berapa biji sisanya RRRRRRRR semua, kepret emang) nah dikasih lah gue antibiotik lagi dan obat topikal....gue sempet nanya ama dia, klo gua mau hamil gimana? trus kata dia "yaudah hamil aja" trus gue tanya lagi "dok katanya bisa mengganggu fertilitas?" trs dia jawab lg dengan tenang "ah, banyak kok yg keputihan bisa punya anak" nah udah nih gue lenggang kangkung deh pulang, minum obat, hidup spt biasa, EH Bok, bukannya bekurang yee....tapi itu bakteri kayak mengamuak ama gua...JEGERRRR keluarnya lebih lebay dari sebelon pake obat *tepok jidat*


Aduh udah deh, gue udah pasrah aja....back to basic gue pake sirih di rebus...gue beli underwear setengah lusin karena parno pengen ganti semua underwear lama gue, trus gue beli pantyliner yang tipis setipis2nya, per tiga jam gue ganti, dan gue punya diary khusus buat catetan jumlah yang keluar seberapa byk (kira2 ala gue aja bahasanya...hakhakhak) sampe gue pengen bikin grafik tau ga sangkin gue udah sutris kenapa bukannya baek malah makin hebron...
tiap kali mau dapet mama gua tuh selalu bikinin kunyit soalnya katanya bagus buat bersihin rahim yawislah, klo kaga pait mah gue hayuk aja....


sampe pada akhirnya temen kantor gue (kayaknya) bohoat dengerin keluhan gue ttg si fluor albus...dia suggest gue ganti dokter, ke dokter dia....menurut dia ni dokter tindakan nya selalu bener dan tepat lah..tapiiiiiii, ini dokter juga klo ngomong saklek....klo di bandingin dokter lama gue, obgyn gue itu sebenernya ya idola gua banget, secara dia tuh orangnya klo ngomong halus bgt dan gak akan bikin kita parno n sutris, asli cinta mati banget gua ama dia...tapi kali ini gue juga ada feeling untuk cari second opinion, secara ya klo browsing tentang si bakteri itu....asli! bikin gue tambah sutris n parno...tau kan? kanker rahim terjadi karena keputihan menahun...naaaaahhh, bisa cepet mati deh gue klo terus2an browsing...
akhirnya gue putuskan gue ke dokter ini aja, terserah deh klo kata dia gue udah mau mati apa gimana....


sekarang ini nih, gue baru aja balik dari RS, tadi selama ngantri....gile otak gue heng deh, tangan dingin, bolak balik bbm-an ama temen gue minta dikasihani (minta di hibur) karena gue takut banget ama dokter type saklek...sampe lah saatnya gue masuk, langsung gue nyerocos sebelon dia mengucapkan sepatah kata "aduh dooookkkk saya takuuuuttt"
sumpe klo dipikir2 bikin malu banget gue :( tapi ni dokter emang beneran saklek, baek sih tapi dia emg ngomong apa adanya, dia ngomong gini  "bu, nih ya....bakteri ini normal ada di semua orang, dikulit juga ada..jadi gak usah takut...biasa aja, ibu mau di cek dulu ga?".....langsung lah gue mengangguk.
setelah periksa dia bilang klo gak ada apa2 semua terlihat normal, trus dia bilang "maunya sih cek USG dalem, tapi ibu nya kayak nya stress banget"..trs gue blg "engga dok engga, periksa aja deh semuanya biar jelas".....trs gue USG dalem dan dia jg bilang "ya ngga ada apa2"...
trus gue bilang "dok saya beli celana setengah lusin" .... trs dia memandang gue heran "aduh ibu ngapain?"....trus gue ngaku juga gue cek per tiga jam dan bikin catetan, trus dia memandang gue gak percaya dan bilang "aduuuuh ibu ini ngapaaiiiinnn??"
trus gue bilang "lah trus kenapa gue gak sembuh2 dok?"...dan dia dengan santainya ngomong "ibu kayaknya nih kebanyakan antibiotik, jadi pada kagak mempan deh tuh semua obat, ini saya kasih obat buat 2 hari aja sama vitamin, keputihan itu disebabkan banyak hal termasuk makanan, pikiran dll selama tidak berbau dan ga berwarna hijau itu masih gak apa2"
trus gue tanya lagi "dok, klo saya mau hamil gimana? dan dia jawab "kalo saya liat bu...ya kaga apa apa"


mo gubrak gak sih lo? gubrak karena gue terlalu parno sih iya ya? ha ha ha, ah sebodolah...namanya juga awam, mana gue tau yang gue alamin ini bahaya atau gimana? secara gue udah ngalamin ini bertahun2 jelas aja gue jadi parno dan catatan ya, fluor albus gue tuh bewarna jelas donk gue makin sutris....
nah, setelah sekian lama nih gue berkutat sama fluor albus, ada beberapa hal nih yang bisa gue bagi:
1. gayung, sebaiknya disikat min. 1 mgg sekali (spy gak berlumut)
2. ganti underwear apabila sudah tidak terasa nyaman (bawa spare deh tuh ke kantor)
3. hindari pantyliner kecuali perlu (kata si dokter yakkk)
4. keputihan yang berwarna sebaiknya dikonsultasikan ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut keadaan di private area kita.


tapi teteup bok, sekarang gue masih stress *dilempar sendal sama sejuta umat*


Nah, setelah berbagai pergulatan mengenai fluor albus, ada hal yg mungkin bisa jadi moral of the story: menurut gue, kayaknya gue telat ke dokter....jadi mungkin emang takes time banget nih utk get rid of this kepret, gue kayaknya akan berhenti pake pantyliner karena bener juga, mungkin bisa jadi memicu...dan gue akan mencoba (nyoba ya bo') untuk gak mikirin terlalu detil (gak ngecek per 3 jam lg)....mudah2an ya, personal doctor gue alias Mr. Jesus selalu kasih gue kesehatan baik sampe tua *amiiiiinnnn*
Oia, buat yang mau info ttg dokter Oke ini bisa japri aja ya ke bonivacia [at] gmail [dot] com
fyi, dokternya cewek dan lulusan luar negri (sama kayak Drg. Bernard-my savior)..he he he


makasih ya buat yang masih survive baca ampe titik terakhir postingan ini.....

12 comments:

  1. gua rada gak ngerti bon, fluor albus itu apa ya? gua juga gak tau gua keputihan apa nggak.. tapi kadang emang keluar lendir2 sih, tapi karna gak berbau yah gua cuek aja, trus gua lebih sering flek2 coklat sih..
    jadi gimana skarang gua lu baekan blom? masih banjir atau udah mendingan?

    ReplyDelete
  2. Alo mba viol, gue pas baca postingan gue juga rada gak ngerti gue lagi nyerocos apa...hahaha...sebenernya fluor albus itu sama artinya ama keputihan..kalo gue mba, per tiga jam tuh udah ada yang keluar dan berwarna, kayak kuning lemon gitu...dan itu everyday bok,gak pernah absen dia...kalo sekarang ya, dengan cara gue ganti pantyline per 3 jam, Puji Tuhan jumlahnya gak sebanyak dulu, walau tetep ada...gue juga kayaknya udah mesti pasrah soalnya kata dokter semalem, emang ada orang yang basah aja gitu terus terusan TT__TT
    Iya mba, kata dokternya selama gak berbau mending gak usah di pikirin, tapi ya? rocker juga manusia, kadang kan suka parno apalagi klo nge browse, bisa gila dehhh

    ReplyDelete
  3. hehe lu parno amat sih jeng.
    tapi emang bener tuh kata dokter jangan sering pake pantyliner. lebih bagus sering ganti cancut.

    trus jgn keseringan pake pembersih kewanitaan yang byk iklan di tv itu juga. lebih bagus pake air bersih atau air rebusan daun sirih.

    selama ga berbau dan berwarna, tenang aza sih jeng. tar juga ilang kok.

    dan pasti bisa hamil kok :)

    ReplyDelete
  4. @limmy: iya bu parno parah, gmn engga...ini tuh tiap hari, dan bewarna kuning lemon...tapi gue aminin deh komen nya semoga program taon depan lancar...makasi yaaaa.....

    ReplyDelete
  5. waktu habis melahirkan gw juga sempet keputihan ampe gatel.. obgyn-nya ngga mau ngasih obat cuma disuruh sering2 bilas pakai air bersih dan dikeringkan.. ternyata emang bener, ga perlu pake obat apa-apa tapi skg gw menghindari cebok di wc kantor/mall/umum karena airnya belum tentu bersih.. kalo pipis di tempat umum jadinya bawa aqua atau dikeringin pake tisu aja..

    ReplyDelete
  6. hehehhe jadi itu keputihan bukan sih? kalo gw justru gak pernah ngerasa keputihan tau2 pas pap smear keputihan dalam. kata dokter ada keputihan luar ama dalam. Keputihan dalam yg repot krn gak ada gejala... Biasa deh tuh sakit perempuan, jadi jgn terlalu stress... Katanya sih panty liner emang pemicu... Jgn pake celana ketat2, en pake cd katun... Moga cepet sembuh ya :)

    ReplyDelete
  7. @Mamanaclo: iya sama, gue juga jadi selalu bawa wet tissue kemana2x T_T
    Iya kemaren kata dokternya juga gt, klo pipis mesti bener2 dikeringin supaya gak lembab..makasi share nya ya :)
    @Mba Yenny: Iya mba yen, keputihan...bewarna pulak..hiksss...emang ada ya keputihan dalem? gile macem2 bgt ya urusan perempuan? ho'oh nih, lagi pake celana emak2 yang longgar2...hahaha, thanks for the share ya mba

    ReplyDelete
  8. Selama gak berwarna dan gak berbau, fine2 aja. Stres juga pemicu fluor albus lho, bisa2 jadi lingkaran ntar he..he.. Pakai CD katun, celana jangan ketat.

    ReplyDelete
  9. bonz.. dokter di bogor yg waktu itu gue kasih gimana? sudah di cek? :)

    ReplyDelete
  10. @Mba Elisa: iya mba, kemaren itu dokternya jg bilang, semakin dipikirin semakin banyak *haiaahh*...thank you ya tipsnya, aku udah menyingkirkan semua celana yang agak ketat dan non katun nih ^_^
    @Tia: belom ti kesana ti, he he :D

    ReplyDelete
  11. bon, gua pake panty liner tiap hari, kecuali malam. Kata dokter kandungan gua keputihan. Tapi nga berwarna, cuma kalo nga pake panty liner bakalan basah. Kayaknya gua musti konsul ke dokter nih.

    CD gua bahan katun dan nga ketat pula tapi masih keluar cairan putih bening.

    Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  12. @mba selvi: mba setau gue klo gak berwarna itu gak bahaya (bkn disebabkan jamur atau bakteri)...klo gue kan bewarna, gue juga masih keputihan ampe skrg pdhl udah gk pake pantyline..bisa gila tau mba klo dipikirin mulu...pusieenkk..hehehe
    tapi mungkin mulai belajar dikurangin kali ya pake pantyline nya, gue juga lg berusaha sesekali gak pake mba :D

    ReplyDelete