Tuesday, August 24, 2010

Usg, Papsmear, dan kehabisan uang

DISCLAIMER:
POSTINGAN INI DIBUAT TANPA ADA MAKSUD APAPUN DAN DITUJUKAN KEPADA PARA WANITA YANG "MUNGKIN" BUTUH INFORMASI TAMBAHAN UNTUK PEMERIKSAAN KE OBGYN, INFO YANG DI BERIKAN DISAMPAIKAN DENGAN JUJUR DENGAN BAHASA YANG MUNGKIN TERLALU POLOS, INFO TERSEBUT PASTINYA TIDAK LENGKAP ATAUPUN BISA JADI SALAH SERTA BUTUH DI KONSULTASIKAN LEBIH LANJUT KE DOKTER KANDUNGAN.

Keren ya disclaimer gua? hahaha...sotoy bener kesan nya postingan gue..okelah, mari kita gelar lapak obgyn!
dibawah ini USG gue tahun lalu (atas) dan kemaren (bawah)..sebagai opening gue mau jelasin bahwa tahun 2008 gue pernah ke RS. P*ri Ci*ere dengan obgyn yang udah gue gak mau inget namanya..gue dateng dengan keluhan udah kesekian kali pingsan karena sakit dapet, Haid gue teratur, dalam setahun pastinya gue 2-3 kali masuk UGD dan udah kenyang sama disuntikin buscopan cair ataupun buscopan yg dimasukin lewat dubur...obgyn yang gue gak mau inget namanya meng-USG LUAR gue dan menyatakan gue ada endometriosis/kista coklat dengan ukuran 4.3cm

Stress lah gua...wong, gw ke obgyn waktu masih umuran 22an dan tanpa ekspektasi ataupun curiga gue mengidap penyakit apapun itu ..terhitung setahun setelah gue ke obgyn itu, gue kerjaannya hanya menangis dan mengurus *i miss that kilograms* tapi my guardian angel alias mama ku yang sangat perhatian dan baik hati membuatkan gue minuman jamu mahkota dewa, kebetulan mama gue tanem tuh mahkota dewa dan dengan sabarnya beliau ngupasin buahnya, ngeringin dan membuatkan gue jamu nya...selama setahun gue minum setiap hari tiap malem.

karena gue benci sama si obgyn yang udah gak gue mau inget namanya, gue cari second opinion..secara tu obgyn yang lama mau kasih gue obat hormon sekapsulnya 10.000, diminum tiap hari sampai 3 bulan dengan efek gue gak akan mens selama 3 bln itu, dan gue akan menggendut dan berjerawat..*makasih dok*

akhirnya gue ke hermina bekasi, karena kakak gue ada cocok obgyn disana, akhirnya gue periksa tahun 2009 sama Dr. Nina Martini..saat itu memang benar ada penebalan endometriosis, tapi ukurannya tidak sebesar tahun 2008 ukurannya saat itu 0.8CM, pertamanya dia USG LUAR dulu, tapi kata dia lemak gue bikin rancu *makasi atas kejujuran nya dok*...jadi dia minta gue USG DALAM, secara gue blom kewong akhirnya USG TRANSVAGINAL dilakukan lewat dubur aja geto...please dont ask how it feel, it's very uncomfortable dan gue merasa dilecehi *halah*...intinya SAKIT!!
tapi gue  PUJI TUHAN BANGET mendengar hasil USG gue,berarti mungkin gue cocok sama mahkota dewa nya..namun selain itu, gue juga berhenti makan mie instant dan snack asin2 yang mengandung banyak MSG serta mengurangi seafood.

setahun berlalu, mahkota dewa dikurangi intensitasnya menjadi 1x seminggu untuk menghindari apabila ada efeksamping, secara mana gue tau juga efek sampingnya...dan gue akhirnya udah merit serta merasa perlu di cek lagi status kistanya...lalu gue kali ini di cek pakai USG TRANSVAGINAL melalui Ms.V....PUJI TUHAN ternyata tidak sesakit lewat dubur...saat ini si dokter merasa ukuran endom gue normal jadi gue dianggap sudah cukup baik dan tidak perlu kawatir lagi..AMIIN! ciri2 penebalan endom salah satunya dengan nyeri haid.. TAPI INGAT: TIDAK SEMUA NYERI HAID BERARTI ENDOMETRIOSIS!!

selain daripada pengecekan kista, gue juga mempunyai masalah dengan fluor albus atau keputihan..sorry ya gue bukannya jorok atau vulgar, tolong di baca demi pengetahuan semata: gue keputihan sejak kuliah, setiap hari pasti ada dan warnanya kuning muda tapi hanya dari pagi s/d selesai beraktifitas, mulai tidur sampai bangun pagi underwear gue super clean tapi mana gua tau ini masuk bahaya apa engga? secara di internet2 info beredar kanker servix disebabkan oleh keputihan menahun, ketek lah baca2 itu...bikin gue malah tambah keputihan, sampai bulan ini tanggal dapet gue mundur jauh bener sangkin stressnya akhirnya gue pun cek keputihan kemaren...
fyi gue kuliah di tarakanita yang notabene setiap hari kuliah HARUS pakai high heels, sampai dengan bekerja gue juga demikian..penasaran dong? apa karena si high heels gue jadi gini? ternyata PEMAKAIAN HIGH HEELS KATA DOKTER, TIDAK MENYEBABKAN KEPUTIHAN. kemaren karena otak gue udah gak lurus, gue lupa tanya kenapa gue bisa keputihan tiap hari cuma kata dokternya keputihan yg gue alami terlihat (dicek dalem bok) masih terhitung normal.

tapi kemaren gue dikasih obat, 3 butir kapsul yang masukkin ke Ms.V untuk 3 malam, tadi malam gue udah coba utk yang pertama, gue ampe tidur kayak robot, kaku bener ngeri obatnya nyeplos keluar lagi HAHAHA...bentuknya kayak permen trebor gitu..warna kuning muda...jangan kaget: pagi2 underwear pasti kotor karena sisa obat yang keluar (gua aja ampe shoooock!)...trus gue dapet obat minum 3 kapsul, diminum 1 minggu 1x...
apakah suami gue merdeka?? KAGA, dia juga dapet obat...hahaha, tapi cuma 1 kapsul...katanya supaya pengobatan lebih efektif.

PAPSMEAR
Kemaren...gue sekalian papsmear, terhitung sudah 6 bulan gue merit katanya shinta, minimal 6 bln ya shin?
jadi gue kemaren papsmear..yang gue denger dari banyak orang kantor bilang..papsmear itu pake dongkrak...tapi ternyata kemaren gue kaga menemukan se'ongok dongkrak legenda tsb...cuma di towel towel doang dalem nya tapi dibersihin dulu sih sblm di towel2, gue gak tau di bersihin pake apa tapi dingin gitu rasanya, dan prosesnya kaga sampe 5 menit...
eniwei, hasil papsmear gue baru keluar minggu depan dan gue mesti bali ke obgyn lagi karena gue mau suntik HPV..suntik HPV maksudnya vaksin anti kanker servix...gue blom tau berapa harganya katanya sih 750rb per suntik untuk 2 virus, dan 1,3jt persuntik untuk 4 virus...ini kata orang kantor lagi...gue kemaren lupa juga tanya si dokter *bodoh bener gue*

sekarang gue stressnya : MENUNGGU HASIL PAP SMEAR! doakan semua baik2 yaaahhh aku masih takut aja nihhh =(

btw, yang mau tau biayanya...silahkan cek kwitansi berikut:

gue makasih banget loh klo ada yang mau bayarin...*ngarep parah*
mahal ya? tapi ga apa2 lah, ini kan investasi kesehatan bukan?? *menghibur dirisendiri*


Moral of the story: pergi ke obgyn itu memang terasa menakutkan, menderita suatu penyakit memang menyakitkan..gue merasa no one could ever understand my fear up until now, tapi gue beruntung banyak sekali yang support gue selama ini dan meng-encourage gue untuk memeriksakan diri, gue bukan anti obgyn tapi juga bukan one of obgyn's fan..tapi disatu titik gue kuatkan diri gue dan merasa bahwa mungkin dengan segera memeriksakan diri, segala sesuatu menjadi belum terlambat untuk di perbaiki...gue blm tau hasil papsmear gue, jujur gue takut (siapa yang gak khawatir coba?) tapi sekali lagi Puji Tuhan, orang2 sekeliling gue termasuk kak pitta yang udah nemenin YM selama ngantri OBGYN;)
mereka semua selalu support gue untuk lebih berani dan percaya Tuhan kasih gue semua baik adanya...kita AMINkan lah JO...doain ya hasil papsmearnya baik2 aja *mau ya, mau ya????*

11 comments:

  1. oh kalau papsmearnya doang murah ya Bon? yg mahal justru suntiknya itu ya.. hmmm jadi pengen gw. thx for sharing ya Bon =)

    ReplyDelete
  2. @Shinta: iya shin..klo pap nya doang gak terlalu mahal tapi kemaren gw kurang puas, soalnya kurang banyak tanya...secara di buku diary nya masih ketulis endometriosis 0.71cm...apa maksudnya?? kali mgg depan pas gw ambil hasil gw sekalian tanya lg kali ya...lo ada titipan pertanyaan ga? hahaha...gw pengen listdown nih pertanyaan2 gw

    ReplyDelete
  3. Ih, ada namaku disebut! *norak* ;p

    Tenang bon, pasti hasil pap-nya ok lah! Just enjoy your holiday!

    Iriiii, aku mau ke bali juga dwonk! :)

    ReplyDelete
  4. @k'pitta: hehehe,aku amin-in bgt kak, semoga hasilnya baik2..makasih ya udah selalu di support =)
    iya nih, gak sabar nunggu besok...yuk bareng yuuukkk =P

    ReplyDelete
  5. aku gak mudheng sama gambar USG nya, Bon :S
    *mengernyitkan dahi *menjulingkan mata

    ReplyDelete
  6. @erika: sejujur nya sama wae, gue juga gak ngarti...makanya pas gw baca2 tulisan samping nya gw makin bingung kok ada tulisan tebal endom 0.71, apa kamsut coba?! *jadi lier euy!*

    ReplyDelete
  7. gua juga blom pernah loh papsmear bon, padahal udah tiap bulan ke obgyn hehe..
    gua juga dulu divonis kista waktu masih perawan ting2 kok masih 21 tahun.. yang semangat ya bon, jangan stress.. apalagi kan mau ke bali nih.. pikir aja makan enak plus plesir ke pantai :D

    ReplyDelete
  8. @pucca: iya nih mba viol, kita saling menyemangati ya..cuma support yang bisa bantu kita untuk jadi lebih tenang..papsmear sih katanya 1th sekali setelah married, temenku banyak juga sih yang belum...kemaren itu aku gara2 keputihan menahun jadi parno ada bakat kanker makanya minta di papsmear =( *takut*

    ReplyDelete
  9. bonnnn telat banget komennya, mo nanya lo jadinya suntik vaksinnya gaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu gw mau vaksin taunya gw hamil lyd jadi gua tunda..dan sekarang obgyn gw bilang boleh vaksin klo udah gak nyusuin..sekarang sih udah stop nyusuin tapi blon juga..muaahhahaha, gw mau tunggu papsmear lyd..jadwal pap gue agustus...lo mau vaksin skrg?

      Delete
    2. iya mau bon, mahal banget tapi yah vaksin itu...gue pap smear bulan mei, kalo sekarang baru vaksin gapapa ga sih yak? *bingung* hehehehe

      Delete