Monday, July 12, 2010

Being a healthy woman

Gue selalu concern mengenai kesehatan...banyak banget hal kecil yang sering kita abaikan bisa berakibat luar biasa...contoh: gigi gue, sekedar tambelan copot yang berakibat infeksi besar2an...

Tapi gue juga bukan orang yang berani ke dokter..jujur ya, gw punya filosofi: semakin banyak menyimpan form m*nulife di dompet rasanya jadi semakin sering ke dokter...jadi sekarang gw dah gak pernah nyimpen form sakti itu lg...kecuali 1 biji di dashboard mobil.

Seharusnya dari 2 bln lalu gue udah ke obgyn...terakhir cek 2 th lalu...cek kista...Ohya? have i told you? gw ada kista coklat...tepatnya endometriosis...3 th lalu gw di diagnosis endometriosis di rahim sebelah kiri dengan ukuran 4.3cm...setahun gw minum mahkota dewa, dan kemudian Puji Tuhan kista gw jadi 0.8cm..and that was two years ago's result...annddd, seems like i have to do another check up to make sure all are ok now.. *crossing my finger*

Waktu gw tau gw kista gw langsung men-STOP yang nama nya makan L*ys, Mie instant, Co*a c*lla, dan burger2an...but now? I'm lost!!! maka nya gw butuh ke obgyn...sekalian papsmear dan item2 yang disebutkan postingan kemaren *ngelap keringet*

Eniwei, ketika gw lagi blogwalking ke blog2 kesukaan gw...gw nemu info ttg SADARI, taukan? yang ngeremes-remes ngecek t*ket itu....
Temen kantor gw ada yang pernah mamogram (klo gak salah tulis)...dia cek karena dia ngerasa ada benjolan di t*ket nya...dan pas di cek ternyata sekedar aliran darah yang kurang lancar karena kurang makan sayur ...*gluk!..penting ya ibu2 makan sayurrr *nyemilin brokoli*
walaupun "sekedar" aliran darah yang menggumpal, gw bangga banget punya temen yang punya keberanian diri nge cek ke dokter (while gw butuh waktu hampir 6 bln memberanikan diri ke obgyn)

Selama 2x ke obgyn dulu itu, gw benar2 di ingatkan untuk hidup sehat (yg sekarang sudah pudar dari lifestyle gw) dari semua nasihat2 yang ketoyor ke jidat gw, berikut yang masih nyangkut di otak:
1. Avoid Stress (yea rite, silahkan bicara pada mesin operator)
tapi ya, semua dokter yang pernah gw temui, mengatakan hal yg sama, kenapa? karena kita sebagai pere, ya bu...hampir semua tubuh kita tuh di pengaruhi si hormon, klo hormon kita gak stabil...lo tau kan? klo mens jadi suka macet? bahkan ada yang bisa gak dapet dalam sebulan (talking to myself)
2. Olah raga
Nah, yang ini wajib ibu2...gw sedang mengusahakan jalan pagi tiap hari..bangun 4.30 dan jalan setidaknya bolak balik gang rumah...katanya, utk yang suka sakit pas mens, dengan olah raga rutin bisa mengurangi sakit pas dapet..katanya looohh, di coba aja paling engga kan jadi sehat
3. Hindari bahan pengawet dan MSG
pas gw tau gw kista, Mie instan dan Ciki2an bener2 number #1 yang gw delete dari menu masuk mulut gw..Girls, those things are raja setan dari setan2 makanan yang paling bahaya...*ngomong ama lemari makan gw yg isinya 1 kardus mie*...bagi yang gak bisa putus ama mie instant, katanya minimum itu 1 bulan 1 mie, karena tubuh kita baru bisa membersihkan racun mie dalam 1 bln...sekali lagi katanyaaa loohh
4. Kurangi Seafood
Nah, ini tuh bener2 deh....ampun gw, sungguh...mending gw disuruh puasa ngopi dr pada puasa seafood, eh...tapi kan gw emg bukan coffee-lovers...*ngacir*
Jadi ya, terlebih kita tinggal di J-town, semua seafood itu mostly mengandung racun...pandangilah lautan ancol itu, itulah jawabannya...
Selain dr itu, gw pernah live-in di cilincing ya bo, sejenis baksos gitu...nginep 3 hari di kampung nelayan...dulu gw sangka yang namanya kerang merah itu emg dasarnya dia jenis merah, ehhhh pas gw live-in itu gw baru tau bokkk, ternyata di warnain...pake: pewarna baju...yuk mare!
5. Tahu, tempe dan Ikan air dalam
Nah, kalo saran yang ini nih, gw dapet dari dokter umum waktu gw sakit dapet dan butuh surat sakit krn gw gak sanggup ngantor..katanya...ikan air dalam adalah ikan yang paling standard untuk dimakan *mahal kali dok, gak sanggup standard dompet saya*...contoh ikan yang paling gampang di temui di supermarket adl: ikan tuna (klo gak salah)..secara ya ibu2 ternyata ikan gembung itu byk di kasih pengawet...tapi gue jg bingung karena kata suami gue yang cerdas itu, sekarang byk nelayan emg pake pengawet utk menghindari beli ES..jadi selama berhari2 di laut mencari ikan, pak nelayan harus memprovide ber kilo kilo es untuk menjaga kesegaran ikan, sedangkan harga es sangat tinggi tapi dengan se cuprit pengawet dengan harga murahan, bisa menjaga kesegaran ikan berhari2 *iklan pengawet*
Jadi ya bu, kata dokter gue...klo repot beli ikan, silahkan makan tahu dan tempe...sekali lagi, katanya....lebih sehat :)
6. Sayur dan buah
Nahhhh, yang ini sedang saya laksanakan... sayur dan buah setiap hari.... tiap minggu gw beli 2 macam buah, kalo enggak apel vs pear, atau pisang vs pepaya...klo sayur? naaah...gw kan rajin bgt tuh masak paling cuma ngerebus brokoli (anti oksidan tinggi bu!) atau rebus baby labu siam...klo lagi banyak waktu, yah...numis pakcoy (pakcoy bkn namanya?)

Astaga, gue tidak menyangka...omongan gue berbobot juga ternyata *mengagumi hasil postingan gw kali ini* .... ::dilemparin sendal::

Anyway, herewith the leafleat re: SADARI for you to check'out yours!

4 comments:

  1. hi bonnie...mau cerita aku juga ada kista di indung telur, sekarang check ke dokter wahyu di rumah sakit YPK, dokternya asik banget dan sangat menenangkan, aku disarankan kawin!! hahaha ga solutif bener tuh dokter untung setahun kemudian jadi kawin...terus dia bilang ga boleh makan kedelai, jadi sebulan sekali aja...kayak tempe, susu kedelai, karena dia menambah jumlah estrogen dalam tubuh kita...

    ReplyDelete
  2. Hi Lyd...aku juga bingung, ada yg bilang gak boleh kedelai tapi ada yg blg boleh..bingung jg, th lalu aku ke obgyn gak di info ttg itu sih...dulu pernah dikasi tau tapi sama dokter umum,klo obgyn ku cm bilang hindari MSG & seafood, tapi thank u bgt info nya, berarti aku jg mesti kurangin tahu kali ya secara hobi bgt tuh yun nyi ;)
    mgg kemaren rencana nya aku mau ke obgyn, eh taunya mendadak dapet...hayaaah, tunda lg deh *akhirnya dapet alesan halal* hahaha...!

    ReplyDelete
  3. iye emang males ye dateng ke dokter itu paling deg2an...hehehe..sedih juga ga boleh makan seafood...malah baru tau niy..junkfood ga boleh, daging boleh ga? terus kita bolehnya makan apa yah..sayur doang yah...hiks hiks hiks

    ReplyDelete
  4. iya sayur2 gitu... itung2 diet kali ya? hahaha

    ReplyDelete