Monday, May 31, 2010

Kenapa gue menunda kehamilan

Gak jarang gue di cemo'oh, di kata2in karena jawaban gue "lagi nunda" ketika ditanya udah isi belom...
Jujur gue rada gerah di tanyain itu sampe kadang gw jawab-in nya bete plus ngawur...habis gw jawab serius "nunda" malah di bales dengan hal2 dan jawaban yang lebih ngawur lagi. Sampe kadang swami gue marah klo gue jawab orang jutek, menurut si swami si penanya belum tentu tau mengapa dan kenapa nya plus juga orang nanya pasti maksud nya baik (errr...don't think so)

Gue 'n swami dari awal sebelum menikah punya pemikiran untuk gak langsung punya momongan, kenapa? ada pepatah "Marriage is never ending adjustment".. dari perspektif gue (perspektif gue loh ya, means pengertian suka2 gue)...ketika pacaran sama pas udah nikah keadaan tuh totally different! TOTALLY! walau ada yang ngerasa "ah gak juga"..ta* kucing, gue gak percaya dari segi finansial juga udah beda..income double, cost juga double...yang paling simple..tidur gak sendiri lagi kan? jadi pasti ada yang berbeda walaupun tak disadari...bagi gue? lots of difference!

Apakah perbedaan itu berdampak negatif?? awalnya iya...gue bisa nangis serunggukan krn gue mesti ngepel pulang kantor...lebay? whatever..gue jarang ngepel waktu single..tapi apa yang swami gw lakukan? dia rela gantiin gw ngepel during weekdays...dan gue dapet jadwal nge pel weekend..
Gw mewek ketika air pam berwarna keruh, secara di rumah emak gue air tanahnya jernih kayak air A*ua..apa yang swami gue lakukan? gue di biarkan cuci muka dan sikat gigi pake air A*ua... bukannya gue norak, manja dan lebay tapi jelas ada perbedaan yang mesti gue sesuaikan sesudah gw pake cincin.
For some people mungkin cepet adjust nya tapi bagi gue rada lama..karena banyak pertentangan batin di tempat gue tinggal sekarang which is not my decision to live in spare house of my parents in law's walaupun gak se-atap tapi this is not the house that i wanted...NAH, shortcut shorcut yaaa...dikala begini nih, mood lagi up 'n down gini...apakabar klo gue bunting? bisa rusak kali nih pernikahan seumur toge! walaupun swami gue luar binasa sabar dan pengertiannya, tapi klo hati gw kacau balau apa damai nya hidup berkeluarga?

Sering kali ketika gw jawab gue nunda, si penanya berbalik jawab gue plus jawaban gue tapi dalam hati..hehehehe:

"Ih ya ampun..apa apaan sih lo?" --- Ih lo juga, apa apaan sih
"Ehh, klo anak pertama tuh jgn di tunda..nanti kebablasan gak ada ada loh" --- Oh really? klo gue jebolin sekarang, then Tuhan bilang emg belon saat nya trs gw blm punya jg so what is d difference? kebablasan itu tandanya emang gak niat punya anak..bener2 not what i mean kalee..
"Gaya looooo....lo tuh sama aja mbunuh calon manusia tau ga?" --- Ini yang paling stupid bgt! lo kira KB tuh gmn caranya cuyyyy?? silahkan produksi 1 losin anak.
"udah lah..gak usah di tunda..mumpung muda" ---yea, yea, yea...besok klo gue gak punya nasi gw mampir ke rumah lu ya

Baru-baru ini ada kasus yang membuat gue semakin berfikir that i am making the right planning.
Seseorang, kenalan gue...punya anak more than two..selisih umur anaknya tipis bgt kayak panty liner.. unfortunate beberapa sanak saudaranya numpang hidup di dia...kenalan gue ini orangnya sangaaaaattt baik, kehidupan rumah tangganya sangat romantika diamor..sampai pada suatu saat fakta terungkap ternyata dia kelilit utang karena mesti bayar sewa rumah, etc etc...(not blaming him, keluarganya type foya2 padahal dah tau makan juga refot) ..dan dia mendadak kehilangan pekerjaan with a very very short notice.

Tentu, Tuhan punya rencana...tentu Tuhan gak akan biarkan burung pipit sehari tanpa makan...I believe, terutama kenalan gue ini orang yang berhati malaikat pasti hidupnya penuh berkat. Tapi....gue, thank you untuk hidup dengan hati kebat kebit, setiap ke supermarket berfikir dua kali sebelum berangkat.
Gue nggak takut sama rejeki, sama sekali... Tuhan kasih gue setiap hari cukup dan selalu akan merasa cukup..karena kan cukup itu tergantung gimana kita anggep cukup.

Tapi gue berfikir, alangkah lebih baik apabila gue punya anak ketika mental dan fisik gue memang sungguh matang...setidaknya gue punya kondisi keuangan yang memang FIT sampai si anak umur paling enggak 2 th... jadi gaji bulan ini bukan buat susu dia bulan ini...tapi emang uang untuk susu dia udah gue siapkan jauh2 hari..shortcut: buffer saving.
Gue gak kekurangan uang, of course gue punya tabungan yang menurut gue lebih dari cukup untuk 2 manusia hidup bersama, setidaknya gaji kami bulan ini bukan untuk makan bulan ini SAJA..jadi ini juga bukan sama sekali masalah uang semata.

Well...intinya, saat ini gue merasa banyak orang judging gue without understanding good will gue...i love children, i even can't control myself klo liat bayi dan pengen elus2 kakinya...so it's not about disliking children.
Gue hanya merasa diri gue belum layak untuk bisa jadi seorang ibu yang baik dan belum cukup dewasa untuk merawat dan memelihara karunia luar biasa dari yang Di Atas, plus...at the end UUD ujung2 nya persiapan duit belum memenuhi standard memiliki tanggungan (standard yang sekali lagi menurut pengertian suka suka gue).

Anak tidak pernah meminta untuk dilahirkan, kita lah yang meminta dia untuk bisa dilahirkan kedunia. Maka gue akan bersiap sepenuh hati dan tenaga ketika gue mulai meminta, karena gue berusaha memberikan yang terbaik. Be grateful, buat loe yang dari awal memang memiliki persiapan sangat baik untuk datangnya si buah hati.. that's a very good start to create a new life of a human being.


Ps. This post might sounds so egoistic and idealist, anyhow every human being have a right to have their own thoughts.

10 comments:

  1. Setubuh bon, maksudnya sangkin setujunya! ;p

    Planning masing2 orang memang lain2, dan itu baru gw rasain setelah kawin. Kalo dulu masi suka sotoy nanyain orang kapan hamil, sekarang gw ngerasain betapa ngga enaknya ditanyain begitu.

    Untungnya orang2 disekitar gw juga cukup pengertian jadi ngga bolak-balik nanya bikin sebel, soale gw langsung sedih kl ditanya beginian.

    Auk ah, emang orang2 suka pada sotoy ya? *loh kok jd nyalahin org? hehe..*

    Sabar bon.. Only HIM and you (and your hubby of course) who know when is the best time for your family to have this very-beautiful-gift :)

    ReplyDelete
  2. hwaaa...sama banget ma gw bu...
    Gw juga lagi nunda niyh, n kalo ditanya sodara jujur ajah gw bilang "emang lagi nunda kok.."

    Kadang panas juga niyh kuping, denger omongan2 sodara (terlebih omongan orang2 kantor),
    mreka bilang, "duh cepetan punya anak donk, rejeki anak mah gak kmana"
    Saking keselnya gw bilang ajah, "iyee...ntar lu skolahin anak gw ya..."

    Yang penting sabar bu, hidup qta itu qta yang jalanin, bukan orang lain, jadi santai ajah...

    ReplyDelete
  3. @K'pitta: Setubuh juga kak ama commentnya :-D sometimes memang orang maksudnya cuma tanya tapi kurang peka terhadap jenis pertanyaan yang ditanyakan..mungkin swami aku bener..mksdnya cuma tanya, tapi bagi kita yang udah kedapetan pertanyaan yang sama million times in a month for e.g rasanya udah pgn bikin recording di mulut biar tinggal play klo ada yg tanya,jd jawabnya gak pake perasaan lg ;-P I totally aggree that HE knows our best time kak...so true :-)
    @Valent: huaaaa Valeeennnttt...rasanya jadi makhluk paling jahat ya klo di respon negatif pas bilang nunda apalagi klo liat perjuangannya Tya (ourwedjournal) yang baru dapet momongan setelah beragam upaya...hiksss, life so unique...

    ReplyDelete
  4. hehehe.. gue kan udah lo bagi bon resepnya.. so. i'll join the club soon... p

    ReplyDelete
  5. @Tia: tiaaaaaaa....*huggsss*

    ReplyDelete
  6. hwoaa sama bon! gw dah 7 bulan nikah dan 5 bulan pertama nunda kehamilan. setelah dana darurat tercukupi, biaya kontrol dokter yg kurleb 700k sekali dateng itu sampai 9 bulan ke depan tercukupi, dan biaya melahirkan dan tetek bengeknya ada baru gw berani hamil.

    kalo gw untungnya temen2 gw paham. tapi temen2nya suami yg notabenenya PNS sekalii sering nakutin ntar ga dikasih lho. jyaahh emang situ Tuhan.

    sabar aja Bon..kalo rejeki ga kemana..

    ReplyDelete
  7. @shinta: betul shin cara lo..emang begitulah cara smart untuk mengambil keputusan! :-)

    ReplyDelete
  8. satu kata aja buat artikel ini : WOW!!!
    saya juga sedang "merencanakan" dan artikel ini amat sangat memotivasi saya yang suka risih kalo ditanyain udah isi belum? :-|

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, yang sabar ya jawab komen2 orang yang kepo..maklum kita masih tinggal di indo yang penuh dgn orang2 yang suka bertanya gak penting :D

      Delete
  9. iya mbak, apalagi saya dikelilingi orang2 'tradisional' yang berpikir kalo abis nikah ya langsung beranak. aduhaduhaduh.. kalo anak bisa disuruh merumput siy gapapa, hehe.. anak emang titipan Tuhan yang harus dijaga bener2 mbak, jadi harus dipersiapkan sungguh2.. urusannya sama Yangdiatas soalnya :D

    ReplyDelete