Thursday, May 20, 2010

Aku posting aja ya: Traveling info for NPWP-ers.

Setelah beberapa kali ditanyakan mengenai NPWP untuk trip ke luar negri maka gue posting aja deh disini, biar klo gw ditanya lg, gue juga bs buka blog dulu untuk inget2...biasaaaa, gue kan muka anak muda ingatan nenek2..khekekeek!

kemaren waktu ke phuket, kita kan depart dari medan... jadi ini info berdasarkan bandara medan ya TKP nya..

Gue check in dulu.. as usual, lalu gw langsung ke imigrasi, ternyata suruh di isi dulu departure & arrival card nya... lalu, gue ke imigrasi lg (maklum pertama kali abroad, norak gitu bolak balik)...katanya klo punya NPWP mesti ke loket NPWP... jadi gue ke loket NPWP, dimintain KTP, PASSPORT, NPWP ASLI trus dia cek cek di system trs di boarding pass gue di tempelin tanda apalah gue lupa..trs baru gw ke imigrasi lagi, cek semuanya baru bisa masuk dehhhh ;-)

Jadi it's gonna be that simple for NPWP-ers untuk bebas pajak fiskal, biarlah gayus berlalu...bayarlah pada negara apa yang menjadi hak negara ;-)

Info tambahan untuk travellers:

* jangan lupa telp. sim card provider untuk buka layanan internasional, karena klo loe pada gak telp nanti hp lo gak akan bisa dipake disana... klo lo travelling with friends, pasti kan other travellers juga melakukan hal  yg sama, takutnya HP lo lowbatt dan butuh nelpon.
Ingat: biaya per SMS Rp.5.000,- jadi jangan tebar pesona via SMS...first thing first!
* sebelum berangkat: Tiket pesawat, passport, Voucher hotel di pisahkan di satu pocket dan JANGAN digabung sama koper! fatal mistake banget!
* bawa extra cash untuk emergency (jgn khilaf di pake shopping! .. *talking to myself*)
* bawa credit card tp kalo loe termasuk orang yg cash minded, fine.. maka siapkan uang cash untuk deposit di hotel.
* kalau bisa tukar uang di indonesia sebelum berangkat, tapi biasanya di airport juga ada sih... tp biar aman emang tuker dulu aja.

2 comments:

  1. kalau di jakarta ga perlu bawa npwp asli, fotocopy udah cukup kok. mgkn karena rame banget ya jadi petugasnya udah buru2 ga peduli.

    tarif sms kalau bawa nomer indonesia dari tiap negara beda2. jadi ga selalu rp 5000 sih. cuma rata2 emang segituan, rp 3500, 4000.
    kalau pake xl pra bayar ga usah diaktifin dulu, langsung aktif sendiri ;)

    kalo bisa jangan bawa rupiah ke luar negeri deh. di beberapa negara (mis: singapur, malaysia, saudi) masih bisa dituker sih, tapi in most country ditolak hehehe.

    ReplyDelete
  2. @-mf- : makasiy buw,udah bantu lengkapin, iya emg lebih baik bawa tukeran uangnya disini, di thailand sih masih bisa untungnya ;-) gw baru tau XL bs langsung, kemaren gw gaaaa bisaaaa... huuhuhuhuhu T_____T

    ReplyDelete